sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Cegah urbanisasi, Emil siapkan 1.000 ha untuk milenial

Program itu diklaim bakal menggenjot produksi hingga memenuhi kebutuhan pangan lokal dan untuk ekspor.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Rabu, 11 Nov 2020 13:21 WIB
Cegah urbanisasi, Emil siapkan 1.000 ha untuk milenial

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) bakal menyiapkan lahan 1.000 hektare (ha) kepada 1.000 petani milenial untuk digarap dan ditanami komoditas unggul mulai tahun depan.

"Saya sedang menginventarisir aset lahan ini diseluruh wilayah Jabar," ucap Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, di Kabupaten Bandung Barat, Rabu (11/11). Lokasi garapan bakal memanfaatkan tanah mengganggur.

Emil, sapaannya, mendorong demikian, untuk menimimalisasi anak muda mencari nafkah di kota. "Nantinya akan mendapatkan pelatihan dari dinas pertanian juga bantuan modal dari bank bjb."

Dia melanjutkan, langkah itu bagian dari rencana menjalin kerja sama antara petani dan pembeli atau eksportir. Komoditas yang dikembangkan kelak akan disesuaikan dengan kebutuhan pasar. 

Sponsored

Apabila program ini berhasil, dirinya sesumbar, produksi pangan Jabar bakal meningkat dan mampu memenuhi kebutuhan lokal hingga ekspor. 

"Saya targetkan naik 10 kali lipat atau menjadi ekspor ke 30 negara. Produksi beras pun harus naik 100%," sambung bekas Wali Kota Bandung ini.

Berita Lainnya