sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Cirebon Power raih TOP CSR Award 2024

Penghargaan ini merupakan bukti Cirebon Power berkomitmen menjalankan program tanggung sosial.

Hermansah
Hermansah Kamis, 30 Mei 2024 19:00 WIB
Cirebon Power raih TOP CSR Award 2024

Cirebon Power menerima penghargaan dalam ajang TOP CSR Award 2024. Melalui program tanggung sosial atau CSR, perusahaan pembangkit listrik swasta yang mengoperasikan PLTU Cirebon 1 dan 2 ini, dinilai berhasil memberikan dampak positif kepada lingkungan dan masyarakat. 

Wakil Direktur Utama Cirebon Power Joseph Pangalila mengatakan, penghargaan ini merupakan bukti Cirebon Power berkomitmen menjalankan program tanggung sosial. Program CSR perusahaan sudah berjalan sejak pembangkit unit 1 dibangun pada 2009, seperti penanaman bakau dan pohon lainnya.

"Komitmen ini terus kami jaga dan kembangkan. Saat ini kami sedang mengembangkan Taman Cirebon. Harapannya selain membuat lingkungan lebih hijau, Taman Cirebon juga bisa mejadi pusat kreatif dan ekonomi bagi masyarakat khususnya yang tinggal di sekitar pembangkit kami," kata Joseph usai menerima penghargaan bersama Direktur Utama Hisahiro Takeuchi di Jakarta, Kamis (29/5).

Salah satu misi Cirebon Power adalah mendorong upaya peningkatan kualitas hidup manusia Indonesia dengan ragam program kepedulian. Untuk mewujudkan itu, Cirebon Power membuat empat kategori program CSR, yakni membangun masyarakat berdaya, mencerdaskan anak bangsa, mewujudkan masyarakat lebih sehat, dan menjaga lingkungan tetap hijau.

"Pemberdayaan masyarakat tak hanya sekedar tanggung jawab sosial, namun satu upaya untuk tumbuh dan berkembang bersama," ujar Joseph.

Keberlanjutan dan dampak program CSR jadi perhatian serius perusahaan. Head of CSR Cirebon Power Hafid Saptandito mengatakan, kelompok masyarakat yang menerima program CSR akan dipantau secara terus menerus dan mendapat pendampingan sampai mereka bisa mandiri.

"Kami memiliki program pemberdayaan masyarakat nelayan, kelompok ibu-ibu, siswa sekolah, sampai pemberian nutrisi untuk bayi. Kami berupaya membangun ekonomi masyarakat melalui Rumah Jahit dan Rumah Terasi. Kami memberikan apresiasi ke siswa berprestasi. Kami juga punya program pemeriksaan kesehatan gratis," kata Hafid.

TOP CSR Award tahun ini menjadi semakin spesial karena diterima bertepatan dengan HUT PT Cirebon Electric Power dan PT Cirebon Energi Prasarana. "Ini menjadi penyemangat kami untuk terus berinovasi sehingga program tanggung jawab sosial bisa berdampak positif kepada masyarakat."

Sponsored

TOP CSR Award juga memberikan penghargaan kepada Joseph Pangalila sebagai Top Leader on CSR Commitment 2024. Joseph mendedikasikan penghargaan ini untuk semua karyawan Cirebon Power yang selama ini bekerja keras menjalankan program CSR.

TOP CSR Awards 2024 diikuti oleh hampir 1.000 perusahaan di Indonesia (long list kandidat pemenang). Kemudian, ada sekitar 190 perusahaan yang mendaftar, dan dari situ sebanyak 152 perusahaan yang mengikuti penilaian secara lengkap. 

Selain Cirebon Power, peraih penghargaan antara lain BRI, PGN,  MNC Group, BSI Maslahat, Kideco Jaya Agung, Chandra Asri Pacific, Petrokimia Gresik, Semen Indonesia (Persero) Tbk, Pupuk Kalimantan Timur.

Ketua Penyelenggara TOP CSR Awards 2024 M. Lutfi Handayani mengatakan, tema yang diangkat untuk tahun ini adalah CSR & ESG Innovation Programs for Sustainable Business Growth atau Inovasi-Inovasi Program CSR dan ESG yang dapat mendukung tumbuhnya bisnis perusahaan secara berkelanjutan.

Tema tersebut bertujuan mendorong perusahaan-perusahaan untuk mengimplementasikan ESG dan CSR dengan mengadopsi ISO 26000 SR dan ESG. Perusahaan perlu lebih bertanggung jawab terhadap dampak yang ditimbulkan dari operasional bisnis. 

“Jika tanggung jawab tersebut berjalan, maka banyak masalah sosial-ekonomi di Indonesia teratasi dengan sendirinya,” kata Lutfi yang juga Pemimpin Redaksi Majalah TopBusiness

Berita Lainnya
×
tekid