sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Content creator affiliate, cuap-cuap dapat cuan

Affiliate marketing merupakan istilah baru di dunia kreator konten. Ini adalah program di mana seorang kreator konten mempromosikan produk.

Satriani Ari Wulan
Satriani Ari Wulan Senin, 03 Jun 2024 19:31 WIB
Content creator affiliate, cuap-cuap dapat cuan

"Hari ini obral hp (ponsel) lagi. Teman-teman, mau hp apa? Cari hp apa? Hp gaming dengan harga terjangkau? Ada. Harga Rp1 juta-an? Ada. Resmi official store, kami kerja sama dengan official store," ujar Andri Yadi, dalam salah satu video unggahannya di akun Tiktok miliknya, @andiyadiishow.

Andri merupakan salah satu content creator affiliate Tiktok. Akun Tiktok @andiyadiishow kini memiliki 3,5 juta pengikut dan 46,7 juta tanda suka. Video unggahannya ditonton ratusan ribu hingga jutaan kali. 

Sebelum menjadi content creator, Andri pernah menjajal berbagai profesi. Mulai dari office boy hingga koordinator sales marketing di sebuah perusahaan. Hingga pada 2021, dia mulai menjajal berkreasi membuat konten dan menjadi content creator affiliate.

Affiliate marketing merupakan istilah baru di dunia kreator konten. Ini adalah program di mana seorang kreator konten mempromosikan produk tanpa perlu menunggu di-endorse. Affiliate marketing mulai populer sejak media sosial Tiktok merambah di dunia, khususnya Indonesia.

Andri terjun menjadi content creator affiliate lantaran pernah ditipu hingga terlilit utang ratusan juta. Dengan upah minimum regional (UMR) yang dikantongi dari pekerjaannya sebagai koordinator sales marketing, sulit untuk melunasi utang tersebut. 

“Pengalaman pahit tersebut mendorong saya untuk fokus mencari tambahan pendapatan. Profesi ini berhasil membuat saya terbebas dari lilitan utang dan bantu teman yang kehilangan pekerjaan," ujar Andri dalam keterangannya yang diterima Alinea.id, belum lama ini. 

Dia belajar membuat konten secara autodidak dengan menonton dan mempelajari berbagai video tutorial cara menjadi seorang kreator konten. Setelah bergabung menjadi kreator affiliate, Andri mulai aktif mempromosikan produk mi instan di Tiktok. Dia mengaku, besaran komisi yang didapatnya pada bulan pertama dan kedua masih sangat kecil. Kemudian, pada bulan ketiga, Andri mampu memperoleh omzet miliaran rupiah.

"Berkat hal itu, saya mampu memperbaiki kondisi perekonomian saya dan keluarga,” ucap Andri.

Sponsored

Merasa berhasil meningkatkan taraf hidupnya di tahun sulit, serta di saat orang-orang sekelilingnya kehilangan pekerjaan karena dampak pandemi, Andri lalu mempekerjakan lima orang temannya untuk mendukung membuat konten berjualan produk dengan cara kreatif. Keuntungan yang diperoleh Andri juga dimanfaatkan untuk membantu anak dari salah satu keluarga timnya yang saat itu membutuhkan ponsel guna mengikuti pembelajaran sekolah jarak jauh.

“Saya percaya kebaikan akan kembali kepada kita ketika berbuat baik pada sesama. Saya mendapat rezeki berlimpah lewat pesanan ponsel ribuan unit dari affiliate Tiktok dengan omzet miliaran rupiah dalam sebulan. Rezeki itu saya gunakan untuk membeli 2 hektare tanah dan rumah untuk orang tua,” tutur Andri.

Tiktok Shop tutup

Baru dua tahun menekuni pekerjaan tersebut, fitur belanja di platform tempatnya berkarya harus tutup pada awal Oktober 2023 lalu. Akibatnya, Andri yang biasanya mempekerjakan lima karyawan, harus mengurangi hingga tersisa satu karyawan saja. Bahkan Andri yang sebelumnya merantau di Jakarta harus kembali ke kampung halamannya di Lampung agar bisa bertahan hidup.

Namun setelah kemitraan Tiktok dan Tokopedia melalui ShopTokopedia diumumkan kembali pada Desember 2023, Andri secara konsisten aktif berjualan lagi secara live. Hal itu dilakukannya meski harus di pinggir kali atau hutan di desa tempat tinggalnya demi mendapatkan sinyal internet lebih lancar.

“Setelah ShopTokopedia buka, saya rutin mengunggah video dan berjualan," tuturnya.

Andri berangan-angan ingin membuka pekerjaan lagi bagi teman-temannya. Selain itu juga ingin memberikan pelatihan untuk banyak orang, khususnya yang tinggal di pelosok desa agar terbantu memiliki penghasilan, karena bekerja sebagai kreator affiliate di Tiktok bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja.

“Untuk menjadi kreator affiliate harus berani untuk memulai, konsisten, dan mau belajar dari kesalahan. Penting pula mengutamakan untuk merespons pelanggan serta menjalin silaturahmi agar mereka semakin loyal kepada kita," ujar Andri.

Content creator affiliate lainnya, Nining juga mampu mengantongi cuan. Pegawai kantoran asal Makassar, Sulawesi Selatan itu bergabung dalam program Shopee Video Creator pada April 2022 lalu. 

“Awalnya, aku tidak pernah mengira bisa menjadi content creator yang diikuti banyak orang, apalagi sampai mendapatkan penghasilan tambahan yang mengubah hidup aku secara signifikan," ujar Nining.

Lewat program itu, Nining mendapatkan keuntungan berupa komisi. Selain itu juga banyak brand yang mengajak kerja sama untuk review produk, lengkap dengan menautkan link keranjang oranye. 

Menurutnya, untuk menjadi content creator harus aktif berinteraksi dan mempelajari hal yang disukai oleh audiens. 

“Hal paling penting yang harus dilakukan saat mulai menjadi content creator adalah menentukan ingin fokus di konten seperti apa. Contohnya, karena aku memang punya ketertarikan dengan produk skincare, makeup, dan fashion maka aku memutuskan untuk fokus di tiga kategori itu,” ujar Nining.

Tidak hanya menentukan tipe konten yang cocok dengan persona seorang content creator, tetapi juga perlu mempelajari tipe konten yang dicari dan disukai oleh target audiens.

“Setelah beberapa tahun jadi content creator, aku sekarang merasa sudah menemukan formula konten yang disukai oleh audiens aku. Konten yang to the point seperti try on langsung produk skincare di wajah yang dilengkapi dengan editan yang ‘ramai’ dan fun biasanya akan mendapatkan respons dan engagement yang lebih tinggi dari followers-ku," kata dia.

Di samping itu, content creator juga perlu menjaga konsistensi dan terus berinovasi; cerdas memanfaatkan momentum; serta meningkatkan kualitas dan eksplorasi kreativitas. 

Berita Lainnya
×
tekid