sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Coronavirus pukul sektor pariwisata, tiket pesawat bakal didiskon

Pemerintah merancang skema diskon tiket pesawat ke tiga daerah.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Kamis, 06 Feb 2020 17:26 WIB
Coronavirus pukul sektor pariwisata, tiket pesawat bakal didiskon

Pemerintah bakal menggenjot sektor pariwisata yang melemah pascamerebaknya coronavirus. Caranya, dengan merancang skema diskon tiket pesawat ke tiga daerah (Bali, Sulawesi Utara, dan Bintan, Kepulauan Riau) yang mengalami penurunan wisatawan.

Hal itu diputuskan dalam rapat koordinasi antarkementerian dan lembaga yang berlangsung di Kantor Staf Kepresidenan (KSP).

"Pemerintah juga mengambil langkah, dari Kementerian Perhubungan khususnya, supaya memberikan diskon Karena daerah wisata relatif ada penurunan," kata Kepala Kantor Staf Kepresidenan, Moeldoko di KSP, Jakarta Pusat, Kamis (6/2).

Menurut Menteri Pariwisata (Menpar) dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, skema diskon tersebut untuk menambal penurun wisatawan dari China. Namun, dia belum bisa memastikan jumlah yang akan terkover, sebab belum diketahui sampai kapan wabah coronavirus berlangsung. 

Wisatawan asal China memang menjadi perhatian, karena pada tahun lalu saja tercatat ada dua juta lebih yang melancong ke Indonesia. "Kalau melihat dari wisatawan Tiongkok tahun lalu sekitar 2,07 juta pengunjung dengan spending per arrival-nya sekitar US$1.400. Secara devisa US$2,8 miliar, itu dampak langsung wisatawan dari Tiongkok," tuturnya.

Kendati demikian, Menpar menyampaikan penurunan harga tiket pesawat yang hendak diterapkan ini bisa berdampak panjang. Musababnya, kata dia, kebiasaan para pelancong adalah memesan terlebih dahulu tiket pesawat untuk bertamasya pada musim panas.

"Masa sekarang ini sampai 2-3 bulan ke depan masa booking musim panas wisatawan mancanegara. Jadi apa yang terjadi hari ini dampaknya bisa jadi lebih panjang, karena kita harus tahu kebiasaaan traveler melakukan booking sekarang untuk liburan musim panas antara Mei akhir, Juni, Juli, Agustus," ucap Wishnutama.

Cara itu, kata dia, juga dilakukan untuk mendorong wisatawan domestik untuk menjaga industri pariwisata di tiga daerah tersebut.

Sponsored

"Tapi usaha meningkatkan wisatawan domestik berlibur di Indonesia ini adalah salah satu upaya kita untuk menjaga industri pariwisata secara umum khsusunya di Bali, Sulut dan Bintan (atau) Batam," ucapnya.

Sementara Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati belum bisa memastikan berapa lama diskon tiket pesawat untuk pariwisata. Menurutnya, saat ini masih dalam perencanaan dan berharap bisa diterapkan sesegera mungkin.

Dia hanya memastikan semua maskapai sepakat dengan kebijakan yang hendak dibuat pemerintah itu. "(Semua maskapai) sepakat dan sudah berkomunikasi," ujar dia.

Rakor yang berlangsung sejak pagi ini tersebut dihadiri Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sosial Juliari P Batubara dan sejumlah pejabat lainnya. Selain membahas sektor pariwisata, rakor turut memutuskan KSP sebagai pusat informasi dan komunikasi terkait coronavirus.

Berita Lainnya