sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

DHL Express resmikan fasilitas ramah lingkungan bernilai Rp59 M

DHL Express juga akan memanfaatkan 30% tenaga surya dari operasional fasilitas hijau tersebut sebagai bentuk pro transisi energi.

Erlinda Puspita Wardani
Erlinda Puspita Wardani Rabu, 16 Nov 2022 17:46 WIB
DHL Express resmikan fasilitas ramah lingkungan bernilai Rp59 M

DHL Express realisasikan investasi Rp59 miliar untuk bangun service centre hijau

DHL Express, penyedia layanan pengiriman logistik ekspres internasional, telah membuka pusat layanan baru di Indonesia yang berada di Bekasi, Jawa Barat (Jabar). Bekasi Service Centre, sebutannya, menjadi fasilitas ramah lingkungan atau hijau pertama milik perusahaan.

Terbangunnya Bekasi Service Centre berkat realisasi investasi perusahaan senilai €3,4 juta atau sekitar Rp59 miliar. Berdiri di atas lahan sekitar 4.400 hektare (ha), bangunan ini memiliki luas 2.900 meter persegi (m2) dan dilengkapi fasilitas mesin otomatis untuk mempermudah pelayanan pengiriman logistik.

Ada berbagai fitur pendukung Bekasi Service Centre, antara lain, full drive-in dengan direct loading capability, motorized conveyor system, telescopic conveyor, automated weighing dan dimensioning equipment, motion sensor for office lamps, serta conveyor weight sensor.

"Indonesia merupakan pasar strategis bagi kami. Investasi ini selain menjadi komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik, juga menjadi dukungan kami untuk mendukung negara menuju transisi energi. Sejalan dengan visi perusahaan, kami membangun fasilitas ini dengan solusi hemat energi," tutur Senior Technical Advisor DHL Express Indonesia, Ahmad Mohamad, dalam acara Inauguration of Bekasi Service Centre, Rabu (16/11).

Dirinya menambahkan, DHL Express dalam waktu dekat akan memanfaatkan 30% tenaga surya dari operasional fasilitas hijau ini. Langkah tersebut sebagai komitmen perusahaan dalam mendukung kebijakan transisi energi ramah lingkungan.

Selain itu, mulai mengalihkan armada pengangkut logistiknya dengan kendaraan berbasis listrik, seperti sepeda motor dan van, pada awal tahun 2021. Hingga lini, DHL Express tercatat memiliki 298 kendaraan listrik, baik berupa sepeda motor maupun van, untuk operasional.

"Kami di tahun 2024 nanti juga akan mengonversi setengah armada kami ke armada listrik. Selain itu, kami juga akan memanfaatkan energi surya untuk fasilitas Jakarta Distribution Centre," imbuh Ahmad.

Sponsored

Dirinya melanjutkan, DHL Express telah memiliki 7 pintu keluar masuk armada (gateway) yang tersebar di seluruh Indonesia, yaitu Jakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, Batam, dan Balikpapan. Dari seluruh gateway tersebut, perusahaan melakukan penerbangan keluar masuk RI sebanyak 120 penerbangan.

"Di tahun 2022 ini, kami telah mengembangkan tenaga kerja bertalenta sebesar 13,5% sehingga bisa memberikan solusi yang lebih inovatif kepada pelanggan," tandasnya. 

Berita Lainnya
×
tekid