sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Digitalisasi berikan manfaat bagi usaha mikro dan kecil

UMK merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.

Zahra Azria
Zahra Azria Jumat, 11 Des 2020 22:24 WIB
Digitalisasi berikan manfaat bagi usaha mikro dan kecil
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Digitalisasi dan penggunaan teknologi telah membantu banyak usaha, terutama usaha mikro dan kecil (UMK) milik perempuan untuk bertahan menghadapi gejolak ekonomi akibat pandemi. Demikian menurut laporan baru dari UN Women bekerja sama dengan Pulse Lab Jakarta dan Gojek, dengan dukungan dari Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Inklusif (S-DNKI).

UMK merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Menurut Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia (Kemenkop UKM), sekitar 99% usaha di Indonesia  dikategorikan sebagai perusahaan mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Hampir separuh dari UMK  dimiliki oleh perempuan atau perempuan memainkan peran kunci dalam menjalankan usaha tersebut. Covid-19 telah memberikan tantangan bagi UMK seiring aktivitas ekonomi yang melambat secara substantial.

“Berdasarkan data Kemenkop UKM pada Oktober 2020, kegiatan UMKM mengalami penurunan omzet hingga 70% akibat dari pembatasan sosial dan adaptasi kebiasaan baru. Walaupun demikian, saya percaya dibalik tantangan, selalu ada kesempatan. Kesempatan dalam hal ini adalah memanfaatkan teknologi informasi, berinovasi, dan berpikir kreatif,” ucap Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, dalam sambutannya. 

Dengan dukungan dari United Nations (UN) Covid-19 Response and Recovery Multi-Partner Trust 
Fund (Covid-19 MPTF) dan inisiatif Women Count dari UN Women, laporan “Memanfaatkan 
Digitalisasi untuk Menghadapi Covid-19” telah menyorot bagaimana Covid-19 berdampak bagi 
pengusaha perempuan dan UMK milik perempuan di Indonesia, serta bagaimana penggunaan 
platform digital dapat menjadi salah satu strategi bertahan utama untuk UMK dalam menghadapi 
pandemi. Riset ini berfokus pada UMK di sektor makanan dan minuman.

Dilaksanakan selama September hingga Oktober 2020, laporan riset kebijakan ini menggabungkan analisis big data dengan metode tradisional kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menunjukkan pentingnya inovasi data dan penggunaan teknologi dalam menghasilkan temuan yang dapat menggambarkan secara lebih baik dampak pandemi Covid-19 terhadap UMK dengan perspektif gender.

Lebih lanjut, penelitian ini juga merefleksikan pentingnya kerja sama multisektoral sebagai pendukung utama pengumpulan data dan dalam melakukan analisis untuk menginformasikan  pembuatan kebijakan dalam menghadapi tantangan sosioekonomi, dan untuk memastikan tidak ada seorang pun yang tertinggal dalam upaya respons dan pemulihan Covid-19 di Indonesia.

“Perempuan Indonesia memainkan peran yang signifikan dan telah berkontribusi pada ekonomi 
sebagai pemilik dan pengusaha UMK. Dengan sumber daya yang terbatas, penting untuk  menggunakan kombinasi data dan inovasi dengan langkah-langkah kebijakan spesifik untuk 
memastikan bahwa Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) juga mendukung UMK milik perempuan. Kami percaya bahwa ini akan menjadi kunci dalam memastikan ketahanan dan pemulihan ekonomi 
Indonesia di tahun 2021,” ucap UN Women Representative and Liaison to ASEAN Jamshed Kazi. 

Jamshed menambahkan, laporan ini akan memberikan masukan penting tentang bagaimana dapat mendukung dan memanfaatkan kekuatan teknologi yang memberdayakan perempuan secara berkelanjutan, selama, dan setelah pendemi Covid-19.

Sponsored

"Insentif memungkinkan masyarakat untuk belajar menggunakan teknologi digital," ungkap Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir,.

Lebih lanjut lagi, Simorangkir menjelaskan PEN telah memungkinkan pemerintah untuk memberikan insentif kepada berbagai kelompok, termasuk perempuan pemilik UMK.

Serba salah vaksin Nusantara

Serba salah vaksin Nusantara

Senin, 01 Mar 2021 06:17 WIB
Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Jumat, 26 Feb 2021 15:24 WIB
Berita Lainnya

Jokowi Presiden, wajar disambut massa

Minggu, 28 Feb 2021 09:17 WIB

Rekomendasi drakor terbaru di Viu

Senin, 01 Mar 2021 20:39 WIB

Catatan Setahun Penanganan Pandemi Covid-19

Senin, 01 Mar 2021 15:41 WIB