sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

DP rumah hanya 15% berkat pelonggaran LTV

Bank Indonesia melakukan relaksasi loan to value (LTV) sehingga uang muka atau down payment (DP) rumah hanya 10%.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Kamis, 19 Sep 2019 19:30 WIB
DP rumah hanya 15% berkat pelonggaran LTV
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 23851
Dirawat 16321
Meninggal 1473
Sembuh 6057

Bank Indonesia memangkas syarat besaran uang muka untuk kredit properti melalui relaksasi ketentuan rasio nilai pinjaman terhadap aset (loan to value/LTV) sebesar 5% yang akan berlaku efektif per 2 Desember 2019.

Melalui pelonggaran LTV ini, mulai 2 Desember 2019, syarat rasio uang muka atau down payment (DP) untuk rumah tapak dengan tipe di atas 70 meter persegi sebesar 15% dari harga nilai rumah tersebut, dibanding sebelumnya yang sebesar 20%. Sementara DP rumah tapak tipe 20 hingga 70 meter persegi menjadi 10% dari sebelumnya 15%.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan pelonggaran uang muka kredit properti tersebut untuk menaikkan permintaan kredit dari masyarakat terhadap perbankan.

Sejak awal tahun, BI selalu menembakkan stimulus terhadap sisi pasokan kredit perbankan dengan melonggarkan likuiditas. Kini, BI membidik sisi permintaan dengan menurunkan besaran uang muka kredit dan pembiayaan yang harus dibayar nasabah.

Sponsored

"Ini akan mendorong kredit baik melalui suplai maupun sisi permintaan, karena jika LTV diperlonggar maka uang muka akan turun. Untuk properti umum uang muka bisa turun hingga 5%, sedangkan untuk properti yang memenuhi kriteria berwawasan lingkungan bisa menurun hingga 10%," ujar Perry di Jakarta, Kamis (19/9).

Selain LTV untuk kredit properti, BI juga menurunkan uang muka untuk pembiayaan properti dengan merelaksasi ketentuan Financing to Value/FTV atau rasio pembiayaan terhadap nilai aset.

Pada 2 Desember 2019 nanti, uang muka untuk pembiayaan rumah tapak tipe 70 meter persegi atau lebih, sebesar 10% dari sebelumnya 15%. Sedangkan pembiayaan untuk rumah tapak tipe 21-70 meter persegi, memiliki syarat uang muka 5% dari sebelumnya 10%. (Ant)

Berita Lainnya