sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Dua emiten ritel ini tumbuh di bawah 5%

PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. (RALS) mengalami pertumbuhan 2,22%, sedangkan PT Matahari Department Store Tbk. (LPPF) 3,0%.

Hermansah Eka Setiyaningsih
Hermansah | Eka Setiyaningsih Jumat, 02 Nov 2018 16:18 WIB
Dua emiten ritel ini tumbuh di bawah 5%

Kinerja dua perusahaan ritel di Indonesia pada kuartal III-2018 memperlihatkan ada sedikit peningkatan bila dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

 PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. (RALS) mengalami pertumbuhan pendapatan 2,22% di kuartal III-2018. Sedangkan PT Matahari Department Store Tbk. (LPPF) melaporkan penjualan kotor sebesar Rp 13,6 triliun sepanjang sembilan bulan pertama pada 2018, meningkat 3,0% dari periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Berdasarkan laporan keuangan yang dirilis, RALS mencatat pendapatan Rp4,52 triliun atau naik 2,22% ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp 4,42 triliun.

Kontribusi pendapatan terbesar disumbang penjualan barang beli putus sebesar Rp 3,74 triliun. Disusul komisi penjualan konsinyasi yang mencapai Rp778,64 miliar.

Perusahaan berhasil menekan beban pokok penjualan barang beli putus dari Rp2,68 triliun menjadi Rp 251 triliun. Hal ini membuat laba bersih perusahaan meningkat 43,36% dari Rp 367,8 miliar menjadi Rp 527,27 miliar.

Total aset sampai kuartal III-2018 tercatat mengalami peningkatan ketimbang akhir tahun lalu, dari Rp4,89 triliun menjadi Rp4,98 triliun. Hal ini karena peningkatan pada total aset lancar perusahaan.

Sementara LPPF melaporkan penjualan kotor sebesar Rp13,6 triliun sepanjang sembilan bulan pertama tahun 2018, meningkat 3,0% dibanding Rp 13,2 triliun di periode yang sama tahun lalu. Di mana pendapatan bersih naik 3,0% menjadi Rp 7,8 triliun. Same store sales growth tercatat sebesar 4,4%, dan laba bersih tercatat sebesar Rp1,5 triliun, ekuivalen 11% dari penjualan.

Saat ini Matahari memiliki 155 gerai di 74 kota di Indonesia, di mana dua gerai barunya resmi dibuka pada tahun ini di Mamuju (Sulawesi) dan Cilegon (Jawa Barat), Matahari juga menawarkan merchandisenya secara online melalui matahari.com. Perseroan berencana untuk membuka satu gerai baru lagi pada kuartal terakhir 2018.

Sponsored

CEO dan Vice President Director LPPF Richard Gibson mengatakan inisiatif merchandise perseroan terus berlanjut meningkatkan daya tarik pelanggan. "Kami terus memperkenalkan berbagai cara inovatif untuk meningkatkan penawaran produk merchandise kami, untuk meningkatkan pengalaman belanja pelanggan. Basis keanggotaan pelanggan aktif kami juga terus meningkat, saat ini berjumlah 6,7 juta, di mana hal ini merupakan bukti kekuatan kami dalam memberikan nilai lebih kepada pelanggan,“ papar dia dalam keterangan tertulisnya.