sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Dukung daya saing UMKM, GoTo gelar kelas muda digital

GoTo mengaku penyelenggaraan kelas ini bertujuan mendorong kemajuan dan daya saing UMKM.

Erlinda Puspita Wardani
Erlinda Puspita Wardani Jumat, 28 Okt 2022 06:26 WIB
Dukung daya saing UMKM, GoTo gelar kelas muda digital

GoTo kembali menghadirkan Konferensi Maju Digital (KoMD) bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Terdapat belasan ribu UMKM yang turut serta dalam KoMD.

Penyelenggaraan yang dilakukan dalam dua tahun terakhir ini mengusung tema Transformasi Usaha Digital dan Ramah Lingkungan. Tema ini dipilih karena sejalan dengan misi pemerintah Indonesia dalam presidensi G20 2022 dan bertujuan mendorong kemajuan dan daya saing UMKM.

Digelar secara offline, KoMD 2022 menghadirkan berbagai ahli di bidangnya yang bisa berbagi pengalaman, diskusi, dan memberikan pelatihan dalam rangkaian kelas bagi pelaku UMKM, sehingga mereka bisa mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi digtal.

“Dampak ekonomi yang besar tersebut, tidak lepas dari peran UMKM sebagai penggerak sektor riil ekonomi tanah air dan motor pendorong pemulihan ekonomi nasional. Grup GoTo menghadirkan KoMD untuk mendorong kemajuan para mitra UMKM melalui program edukasi dan pemberdayaan berkelanjutan,” ujar Chief of Corporate Affairs Grup Goto, Nila Marita, dalam konferensi, Kamis (27/10).

Menurut Nila, hingga saat ini 15 juta pelaku UMKM telah bermitra dengan GoTo yang terdiri dari 2,6 juta mitra pengemudi dan lebih dari 67 juta pengguna bertransaksi tahunan. Dengan jumlah tersebut, menurut Nila, menyatakan ekosistem digital Grup GoTo telah berkontribusi sebanyak 2% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Di sisi lain, Vice President (VP) of Seller Experience Tokopedia, Puput Hidayat, menyebut GoTo berusaha memberikan pembekalan terkait pengembangan usaha dan kompetensi kewirausahaan agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia semakin maju dan berkembang.

“DI tahun 2021 KeMD berhasil terlaksana melalui kolaborasi Grup GoTo dengan pemerintah daerah dan UMKM lokal untuk membantu pemulihan ekonomi daerah. KeMD tahun lalu juga sudah digelar di berbagai wilayah yaitu Solo, Surabaya, Bandung, Semarang, medan, dan Jabodetabek,” kata Puput.

Puput juga menyampaikan, bagi mitra UMKM, selain memperoleh wawasan dari KoMD dan KeMD, mereka juga bisa bertukar ilmu melalui komunitas yang ada di dalam ekosistem GoTo, seperti Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), Keluarga Tokopedia (K-Top), dan Komunitas Retail GoTo Financial (KONTAG).

Sponsored

“Grup GoTo mencatat, jumlah pegiat UMKM yang bergabung di KOMPAG, K-Top, dan KONTAG bertambah lebih dari 80 ribu dalam setahun terakhir,” ucapnya.

Berita Lainnya
×
tekid