sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Edhy Prabowo lanjutkan program Susi Pudjiastuti tenggelamkan kapal

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo akan melanjutkan berbagai program yang bagus di kepemimpinan Susi Pudjiastuti.

Laila Ramdhini
Laila Ramdhini Rabu, 23 Okt 2019 14:28 WIB
Edhy Prabowo lanjutkan program Susi Pudjiastuti tenggelamkan kapal
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 80094
Dirawat 37247
Meninggal 3797
Sembuh 39050

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan bakal tetap melanjutkan program yang bagus pada kepemimpinan Susi Pudjiastuti. Salah satunya penenggelaman terhadap kapal-kapal asing pencuri ikan akan tetap dilakukan demi menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kalau penenggelaman untuk menjaga kedaulatan ya harus kami lakukan," kata Edhy di Jakarta, Rabu (23/10).

Menurutnya, jika pemerintah telah membuat kesepakatan dan pemberitahuan mengenai perbatasan dengan negara sahabat, regulasi itu harus ditegakkan sebagai jalan terakhir. Namun, sebelum penenggelaman dilakukan juga perlu dikonfirmasi mengenai alasan pelanggar itu melakukan penangkapan ikan ilegal.

Sementara itu, untuk pengelolaan nelayan dalam negeri, dia berencana membina para nelayan agar menangkap ikan sesuai peraturan.

"Jangan langsung dihukum. Ini yang mau kami jalankan. Jangan tiba-tiba hukum, hukum, hukum tapi solusinya apa. Mereka ini kan perlu pembinaan, tidak semua nelayan ini memahami," ujar Edhy.

Di samping itu, Edhy juga mengatakan bakal melakukan peningkatan perikanan budi daya. Ke depan, Edhy mengatakan akan mengatasi berbagai hambatan di sektor kelautan dan perikanan.

“Selama ini yang jadi hambatan dan buntu, hubungan nelayan ini akan kami selesaikan,” katanya.

Sementara, untuk jabatannya sebagai Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Edhy memberikan sinyal belum akan melepaskan jabatan.

Sponsored

“Tidak ada larangan kan untuk jabatan politik. Sejauh ini kita,” katanya dan bergegas berpamitan.

Pujian dari Susi

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 Susi Pudjiastuti meyakini bahwa sosok penggantinya yakni Edhy Prabowo sudah mengenal isi KKP.

"Pak Edhy sudah mengenal KKP dengan semua program dan perjuangannya," kata Menteri Susi dalam akun media sosialnya yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Selain mengucapkan selamat, Susi Pudjiastuti juga meyakini bahwa di bawah komando Edhy Prabowo, lautan dan perikanan Indonesia akan semakin berdaulat, berkelanjutan, dan berkesejahteraan.

Sebelumnya, pengamat perikanan Abdul Halim menyatakan bahwa Edhy Prabowo merupakan sosok yang dinilai akan cepat beradaptasi dalam menggantikan peran Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

"Apalagi dengan pengalaman yang dimiliki Pak Edhy sebagai Ketua Komisi IV DPR RI periode 2014-2019 yang salah satunya membidangi urusan kelautan dan perikanan," kata Abdul Halim.

Abdul Halim yang juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Pusat Kajian Maritim untuk Kemanusiaan itu menyatakan bahwa Edhy Prabowo dalam peran barunya harus fokus dalam sejumlah hal, antara lain memulihkan kepercayaan mesin birokrasi di internal KKP.

Hal tersebut, lanjut Abdul Halim, merupakan hal yang penting agar KKP dapat bekerja sebagai sistem yang solid dan terkoordinasi dengan baik guna menyelesaikan amanah UUD 1945 dan regulasi turunannya.

Selain itu, ujar dia, Edhy Prabowo juga harus dapat memperkuat capaian Menteri Susi dalam konteks menghadirkan tata kelola kelautan dan perikanan yang berkelanjutan serta bertanggung jawab baik dari hulu hingga ke hilir dari sektor kelautan dan perikanan serta kemaritiman nasional.

Berita Lainnya