sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemerintah diminta fokus pada 5 sektor ini untuk tingkatkan pertumbuhan kredit

Lima sektor ini masih mengalami pertumbuhan positif selama pandemi Covid-19.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Kamis, 08 Apr 2021 15:13 WIB
Pemerintah diminta fokus pada 5 sektor ini untuk tingkatkan pertumbuhan kredit
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Ekonom BRI Anton Hendranata mengungkapkan, untuk mendorong pertumbuhan kredit perbankan di tahun ini pemerintah harus fokus memberikan stimulus fiskal dan moneter untuk lima sektor utama.

Pasalnya, lima sektor ini masih mengalami pertumbuhan positif selama pandemi Covid-19. Selain itu, lima sektor ini juga berkontribusi sebesar 60% terhadap produk domestik bruto (PDB) dan menyerap 75% tenaga kerja nasional.

Adapun, lima sektor tersebut adalah industri manufaktur; sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan; sektor konstruksi; sektor perdagangan; serta industri akomodasi dan makanan dan minuman.

"Kalau bisa fokus stimulus fiskal dan relaksasi BI dan OJK ke sektor ini saja. Ini saya pikir bisa menjadi solusi yang terbaik untuk menyalurkan pertumbuhan kredit 2021 karena kontribusi sektor ini 60% bagi perekonomian," katanya, Kamis (8/4).

Dia memaparkan, industri manufaktur berkontribusi sebesar 21,19% terhadap PDB dan menyerap 14,21% tenaga kerja. Sementara, sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan berkontribusi 12,70% terhadap PDB dengan serapan tenaga kerja 30,19%.

Lalu, sektor konstruksi kontribusinya terhadap PDB sebesar 9,95% dengan serapan tenaga kerja sebesar 6,81%. Kemudian, sektor perdagangan berkontribusi sebesar 13,27% terhadap PDB dan menyerap tenaga kerja 18,54%. 

Kemudian, industri akomodasi dan makanan dan minuman berkontribusi 3,01% terhadap PDB dan menyerap 5,56% tenaga kerja.

Karena itu, berdasarkan analisis yang dilakukannya, dengan fokus pemberian stimulus ke lima sektor ini saja maka produksi akan meningkat dan penyaluran kredit perbankan akan berjalan, dan pemulihan ekonomi akan berlanjut.

Sponsored

"Kalau bisa dorong ekonomi sektor ini, rasa-rasanya pertumbuhan kredit akan lebih baik dari tahun lalu," ucapnya.

Berita Lainnya