sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Gandeng Shopee, BNI buka akses ekspor 10.000 UKM Indonesia

Kerja sama tersebut diklaim akan memberikan tiga keuntungan bagi UKM yang terpilih untuk bergabung.

Davis Efraim Timotius
Davis Efraim Timotius Rabu, 03 Nov 2021 09:55 WIB
Gandeng Shopee, BNI buka akses ekspor 10.000 UKM Indonesia

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menggandeng Shopee untuk membuka jalan bagi usaha kecil dan menengah (UKM) agar lebih mudah mengekspor produk-produknya ke berbagai negara. Program ini memungkinkan terbukanya akses pasar ke Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, hingga ke Brasil bagi sekitar 10.000 UKM yang terdaftar.

Direktur Bisnis UMKM BNI, Muhammad Iqbal, mengklaim, kerja sama tersebut akan memberikan tiga keuntungan bagi UKM yang terpilih untuk bergabung. Pertama, peningkatan visibilitas produk ekspor UKM terpilih pada marketplace Shopee, dalam cakupan Asia Tenggara, utamanya Taiwan.

Kedua, akan mendapatkan pelatihan dan edukasi untuk bisa berkembang di dalam platform digital yang akan diberikan Shopee. Terakhir, bakal didaftarkan dalam Program Ekspor Shopee yang akan membuka toko mereka dalam aplikasi sehingga dapat dilihat dan diakses pengguna di berbagai negara lainnya di dunia.

“Sebagai bank asal Indonesia yang memiliki banyak kantor cabang di luar negeri, BNI melihat bahwa saat ini UKM memiliki peluang ekspor ke berbagai negara, mulai dari pasar Brasil, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, hingga Taiwan. Pembeli dari negara-negara tersebut dapat memesan produk UKM Indonesia yang terdaftar di dalam
program yang kami buat bersama Shopee,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (3/11).

Pada kesempatan sama, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto, menambahkan, pihaknya memiliki misi membangun UMKM Indonesia yang mempunyai daya saing. “Melalui Program Ekspor Shopee, kami telah membantu lebih dari 180.000 UMKM lokal untuk bisa melakukan ekspor hingga pertengahan tahun ini.”

Shopee berupa terus mendukung pertumbuhan UKM agar mampu bersaing di kancah global melalui berbagai pengembangan inovasi dan program. “Kami berharap, dapat menjadi mitra UMKM untuk bertumbuh dalam kuantitas dan kualitas baik secara lokal maupun global dan produk dalam negeri bisa terus diminati dan dicari,” tuturnya.

Kerja sama ini bakal berpadu dengan kekuatan jaringan kantor cabang BNI di enam pusat keuangan dunia, yaitu Singapura; Hong Kong; Seoul, Korea Selatan; Tokyo, Jepang; New York, Amerika Serikat; dan London, Inggris. Melalui kantor-kantor cabang tersebut, BNI aktif melakukan B2B business matching untuk membuka peluang bisnis baru bagi UKM yang akan melakukan ekspor agar mendapatkan pembeli secara langsung.

Penguatan kapasitas UKM seperti yang dilakukan bersama Shopee merupakan salah satu strategi bisnis BNI untuk memberikan pendampingan dari hulu ke hilir secara berkelanjutan. Program disiapkan agar UKM terintegrasi dalam mengakses pasar regional hingga internasional sesuai target nasional, mencetak 500.000 UKM eksportir baru pada 2030.

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid