sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ganjar sebut UMKM jadi kekuatan ekonomi saat ini

Pemprov Jateng menyiapkan lokapasar Bima Market untuk memasarkan produk UMKM.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Kamis, 02 Jul 2020 19:46 WIB
Ganjar sebut UMKM jadi kekuatan ekonomi saat ini
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 132816
Dirawat 39290
Meninggal 5968
Sembuh 87558

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menilai, sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi kekuatan ekonomi nasional saat ini. Karenanya, pemerintah provinsi (pemprov) tengah mencari cari untuk mengembangkannya karena sempat melemah imbas pandemi coronavirus baru (Covid-19).

"Tantangan saat ini, adalah membangkitkan kembali ekonomi dengan mencari momentum pijakan. Kekuatan saat ini apa? Ya, UMKM," ucapnya, melansir situs web Pemprov Jateng, Kamis (2/7).

Dirinya sesumbar, potensi UMKM Jateng tergolong tinggi. Dicontohkannya dengan penugasan membuat alat pelindung diri (APD). "Kita minta bikin masker, mereka bisa. Suruh praktik bikin hazmat, mereka bisa."

Di sisi lain, Ganjar mengapresiasi langkah Bank Jateng dan PT BKK Jateng (Perseroda) yang mendukung UMKM dengan membantu permodalan dan memberikan pendampingan. Juga menyiapkan lokapasar (marketplace) Bima Market (Bimart).

Sponsored

"Kita harapkan UMKM tetap survive, kualitasnya harus tidak biasa-biasa saja, dan masuk kelas menengah, syukur-syukur atas," imbuh politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Menurut dia, kunci keberhasilan pendampingan UMKM adalah pemasaran (marketing), teknologi informasi (TI), penganggaran (budgeting), dan akses produk. "Bukan permodalan yang pertama dibutuhkan," sebutnya.

Berita Lainnya