sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Garuda Indonesia dapat restu terbitkan MCB Rp8,5 triliun

Hasil penerbitan MCB akan digunakan untuk mendukung likuiditas, solvabilitas, dan biaya operasional perseroan.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Jumat, 20 Nov 2020 12:58 WIB
Garuda Indonesia dapat restu terbitkan MCB Rp8,5 triliun
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 534.266
Dirawat 66.752
Meninggal 16.825
Sembuh 445.793

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA) mengantongi persetujuan pemegang saham untuk menerbitkan obligasi wajib konversi atau mandatory convertible bond (MCB). Persetujuan ini diperoleh perseroan dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang dilakukan pagi ini, Jumat (20/11).

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, dengan persetujuan ini, Garuda akan menerbitkan MCB senilai total Rp8,5 triliun dengan tenor tujuh tahun.

MCB ini nantinya dikonversi menjadi saham baru setelah jatuh tempo, melalui mekanisme penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement.

"Dengan keputusan hari ini, artinya kami bisa melakukan eksekusi lebih detail dalam pencairan MCB ini, melalui pelaksana investasi Kementerian Keuangan, PT Sarana Multi Infrastruktur," kata Irfan dalam konferensi pers virtual, Jumat (20/11).

Irfan melanjutkan, pihaknya berharap bisa menyelesaikan penerbitan MCB ini secepatnya. Jika bisa, penerbitan MCB ini ditargetkan rampung pada akhir tahun ini.

Adapun MCB ini, kata Irfan, akan digunakan untuk mendukung likuiditas dan solvabilitas perseroan. Selain itu, MCB ini akan digunakan untuk mendukung biaya operasional perusahaan ke depan.

"MCB ini kami harapkan mendukung Garuda ke depan dan semakin meningkatkan relevansi Garuda ke publik," ujarnya.

Emiten berkode saham GIAA ini memprediksi penerbitan MCB bisa mendorong pemulihan industri penerbangan lebih cepat, yang ujungnya bisa membantu pemulihan perekonomian nasional.

Sponsored

Berdasarkan prospektus perseroan, harga konversi MCB ini adalah Rp206 per saham. Perseroan akan menerbitkan 41,2 miliar saham berdasarkan asumsi harga konversi.

 

Berita Lainnya