sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Harga keekonomian rendah jadi tantangan kembangkan EBT

Masih terdapat sejumlah tantangan pengusaha dalam mengembangkan energi terbarukan di dalam negeri.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Senin, 12 Apr 2021 15:31 WIB
Harga keekonomian rendah jadi tantangan kembangkan EBT

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roeslani menyebut, masih terdapat sejumlah tantangan pengusaha dalam mengembangkan energi terbarukan di dalam negeri.

Tantangan terbesarnya adalah harga keekonomian energi terbarukan yang masih rendah, sehingga minat pengusaha mengembangkan energi baru terbarukan (EBT) tersebut rendah.

"Dari harga keekonomian harus diberikan harga yang lebih baik jika ingin (energi terbarukan) digunakan dengan lebih besar dan secara masif," katanya dalam webinar, Senin (12/4).

Tantangan lainnya adalah biaya logistik yang cukup tinggi, sehingga menyebabkan terkendalanya pembangunan sarana pendukung energi.

Hal itu yang menyebabkan, penggunaan energi terbarukan di Indonesia pada 2020 hanya sebesar 11,5%. Padahal, pada 2025 pemerintah menargetkan penggunaan energi terbarukan sebesar 23%.

"Kalau kita lihat pemerintah Indonesia di 2025 mempunyai energi EBT 23%, tetapi di 2020 masih di 11,5% dan renewable energi ini disepakati oleh 196 negara," ucapnya.

Secara umum, tantangan tersebut juga berlaku untuk sektor energi secara keseluruhan. Rosan mengungkapkan,  tantangan lain juga terdapat dari sisi kepastian hukum untuk berinvestasi di sektor minyak dan gas (migas). 

"Karena itu, diharapkan dengan adanya UU Cipta Kerja dapat memberikan kepastian dari tumpang tindih regulasi," ujarnya.

Sponsored

Kemudian, ketidakpastian pasar dan harga dari energi fosil juga menjadi tantangan lainnya. Lalu, disparitas perkembangan ekonomi antar wilayah menyebabkan ability to pay antarwilayah berbeda-beda.

Selanjutnya, energi masih dianggap sebagai infrastruktur dan bukan komoditas. Di samping itu, industri penyedia energi di Indonesia pada umumnya belum kompetitif.

Berita Lainnya