sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Hari perdagangan bursa terbatas, IHSG ditutup turun 0,91%

Hari perdagangan bursa yang terbatas bersamaan dengan agenda RDG dari BI pada pekan ini, memberikan ruang gerak lebih terbatas ke IHSG.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Senin, 19 Jul 2021 17:09 WIB
Hari perdagangan bursa terbatas, IHSG ditutup turun 0,91%

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,91% ke level 6.017 pada perdagangan Senin (19/7). 

Tercatat sebanyak 20,2 miliar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi mencapai Rp9,3 triliun. Sebanyak 167 saham naik ke zona hijau dan 329 saham turun ke zona merah. 

Investor asing melakukan aksi beli bersih senilai Rp260 miliar di seluruh pasar dan senilai 250 miliar di pasar reguler. Saham PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM), PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk. (AGRO), dan PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) menjadi tiga saham yang paling banyak dibeli investor asing di pasar reguler. 

Riset penutupan Pilarmas Investindo Sekuritas menyebut, dari dalam negeri, hari perdagangan bursa yang terbatas bersamaan dengan agenda rapat dari Bank Indonesia (BI) pada pekan ini, memberikan ruang gerak bagi IHSG lebih terbatas. 

Sponsored

Rencananya Bank Indonesia akan melakukan Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang diagendakan pada hari Rabu (21/7) pekan ini. 

"Melihat inflasi yang terjaga rendah dan mayoritas bank sentral di negara maju yang belum menaikkan suku bunganya, kami melihat kali ini Bank Indonesia berpotensi masih akan menahan suku bunga 7DRRR (day reverse repo rate) pada 3,5%," tulis Pilarmas Sekuritas.

Berita Lainnya