sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Himbara akan diikutsertakan menjual beras

Strategi itu dilakukan untuk memperluas perdagangan beras. Agar penjualan tidak hanya dijual pada toko-toko eceran di pasar tradisional saja

Cantika Adinda Putri Noveria
Cantika Adinda Putri Noveria Kamis, 12 Apr 2018 18:23 WIB
Himbara akan diikutsertakan menjual beras

Kementerian Perdagangan memperluas jaringan penjualan beras. Salah satunya dengan bekerja sama dengan Himpunan Bank Negara (Himbara) untuk menjual berasnya pada agen-agen laku pandai mereka. 

"Mereka (agen laku pandai) diminta untuk menjual harganya sesuai HET (Harga Eceran Tertinggi) Rp 9.450," ujar Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, usai menghadiri rapat koordinasi di Kemenko Perekonomian, Kamis (12/4) di Jakarta.

Strategi itu dilakukan untuk memperluas perdagangan beras. Agar penjualan tidak hanya dijual pada toko-toko eceran di pasar tradisional saja.  

Selain itu, semua harga beras sudah mulai menurun, sehingga masyarakat bisa menjangkau beras dengan kualitas premium.

"Harga di semua wilayah Indonesia sudah mulai turun, tapi kita meminta turunnya lebih cepat, dan masyarakat bisa mendapatkan beras mendium dengan harga HET dimana pun," ujar Enggar. 

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (BTN) Maryono mengatakan,pihaknya akan ikut terlibat dalam operasi pasar untuk menstabilkan harga beras di pasaran jelang periode Puasa dan Lebaran.

"BTN hanya salah satu bagian daripada Himbara untuk membantu operasi pasar perberasan ini," kata Maryono seperti dilansir Antara.

Sebagai upaya untuk menstabilkan harga beras tersebut, BTN akan mengerahkan sebanyak 35.000 agen yang tersebar di seluruh Indonesia dalam operasi pasar ini.

Sponsored

Hal itu diharapkan membuat stabilisasi harga beras lebih mudah dilakukan, dan tidak terganggu oleh persoalan mendasar seperti ketidaksiapan logistik. BTN tinggal menunggu keputusan resmi dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Dengan adanya peran Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk terlibat dalam operasi pasar, maka beban perum Bulog dalam menyiagakan pasokan untuk menekan kenaikan harga beras menjadi berkurang.

Berita Lainnya