sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Hut ke-75 RI, pemerintah luncurkan 4 seri prangko anyar

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan posisi prangko masih aktual sebagai penanda bagi momen-momen khusus kenegaraan.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Rabu, 19 Agst 2020 16:24 WIB
Hut ke-75 RI, pemerintah luncurkan 4 seri prangko anyar
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 396.454
Dirawat 60.694
Meninggal 13.512
Sembuh 322.248

Pemerintah resmi meluncurkan prangko seri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam rangka peringatan hari ke-75 Kemerdekaan RI, Rabu (19/8).

Ma'ruf Amin mengatakan seiring dengan perkembangan teknologi, prangko tidak lagi digunakan sebagai alat bayar pengiriman pos. Namun, posisi prangko masih aktual sebagai penanda bagi momen-momen khusus kenegaraan.

"Prangko tetap menjadi media yang dapat mengabadikan momen-momen khusus sejarah, diplomasi, dan hubungan internasional. Prangko melampaui batas usia maupun geografis, menjadi benda koleksi yang digemari di dunia dan Indonesia," katanya dalam video conference peluncuran prangko edisi kemerdekaan RI, Rabu (19/8).

Menurut Ma'ruf, pada perjalanannya prangko bukan hanya sebagai alat bayar pos, namun juga menyimpan nilai-nilai keberagaman, bahkan gambaran kedaulatan sebuah bangsa, yang tercermin dalam visualisasi yang tertera di dalamnya.

"Prangko memiliki unsur aktualitas. Prangko relatif kecil tapi syarat makna berbagai fenomena," ujarnya.

Selain seri presiden dan wakil presiden, pemerintah juga meluncurkan prangko tiga seri lainnya, yakni Penanggulangan Covid-19. Menurut Ma'ruf, seri ini untuk mengapresiasi tenaga kesehatan yang tengah berjuang di garis depan dalam menanggulangi penyebaran pamdemi. 

"Prangko Penanggulangan Covid-19 adalah satu wujud apresiasi pemerintah ke dokter dan tenaga medis yang jadi pejuang garda terdepan kesehatan yang menjunjung integritas tinggi dalam membantu sesama menghadapi Covid-19," ucapnya.

Seri lainnya adalah Telekomunikasi, yang diluncurkan sebagai penanda bagi perkembangan teknologi yang terus meningkat seiring dengan perkembangan internet. Prangko tersebut diyakini akan menjadi komitmen pemerintah untuk terus mengembangkan teknologi internet ke berbagai penjuru Nusantara.

Sponsored

Lalu, seri Artis Grup Musik Ternama, yang diluncurkan untuk mengapresiasi seniman Indonesia yang terus berkarya guna mengangkat seni dan budaya Indonesia, sekaligus menjadi inspirasi masyarakat di tengah situasi yang serba tak menentu akibat pandemi Covid-19.

"Bagi para pelaku artis dan seniman musik, semoga seniman dan musisi dapat terus berkarya mengobarkan semangat perjuangan dan menginspirasi masyarakat dalam melawan Covid-19," tutur Ma'ruf.

Berita Lainnya