logo alinea.id logo alinea.id

IHSG berpotensi menguat jelang debat pemilu

Associate Director Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus memprediksi IHSG akan bertengger di level 6.300.

Eka Setiyaningsih Senin, 14 Jan 2019 09:52 WIB
IHSG berpotensi menguat jelang debat pemilu

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini (14/1) akan berpotensi menguat. Sentimen internal maupun eksternal akan sama-sama menjadi faktor pergerakan indeks.

Associate Director Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus memprediksi IHSG akan bertengger di level 6.300.

"Ada potensi untuk menguat, karena boleh dibilang penguatan IHSG minggu lalu menjadi modal yang baik untuk menghadapi setidaknya minggu ini," ungkap Nico kepada Alinea.id, Senin (14/1).

Nico menjelaskan dari sisi eksternal, momen damai perang dagang antar kedua negara besar yakni AS-China yang saat ini menjadi perhatian global. Sebab, hal tersebut menjadi tolak ukur keadaan ekonomi selama tahun ini.

"Semoga damainya ini benar-benar damai, memang kami berharap sebelum tanggal 1 Maret 2019 semua itu bisa selesai" ungkapnya.

Selain itu, IHSG juga akan dipengaruhi putusan The Fed yang diprediksi akan menaikkan tingkat suku bunga sebanyak dua kali. 

Kemudian, dari sisi internal, IHSG akan bergerak mengikuti rencana debat calon presiden-calon wakil presiden pertama dalam rangkaian Pemilihan Umum 2019. Debat ini digelar Kamis 17 Januari 2019 mendatang.

"Kalau kita menghitungnya sejak pemilu 2004 lalu, memang siapapun pemenangnya itu cukup berpengaruh terhadap pergerakan khususnya kurs kita dan yang kedua pergerakan IHSG kita," ungkapnya.

Sponsored

Nico juga merekomendasikan beberapa saham yang  bisa menjadi pilihan investor pada hari ini yaitu PT Bank Tabungan Negara Tbk. (BBTN), PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS) dan PT Surya Citra Media Tbk. (SCMA).

Terpisah, Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi menilai saat ini pasar tengah positif menyambut momen damai perang dagang antar kedua negara besar yakni AS-China. Kendati demikian, dia memproyeksikan IHSG masih akan lemah pada perdagangan saham Senin.

Meski demikian, kata Nafi, IHSG secara teknikal masih bergerak menguji upper bollinger bands dengan pola terkonsolidasi hari ini. Oleh sebab itu, ia meramalkan IHSG akan berlabuh pada zona merah di kisaran 6.302-6.370.

Lanjar menganjurkan saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TLKM), PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk. (TKIM), serta PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk. (INKP).