sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

IHSG dibuka melemah nantikan pengumuman perpanjangan PPKM darurat

Penguatan di hari sebelumnya didukung volume yang rendah sehingga rentan mengalami koreksi.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Senin, 19 Jul 2021 09:22 WIB
IHSG dibuka melemah nantikan pengumuman perpanjangan PPKM darurat

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah 0,22% ke level 6.059 pada perdagangan Senin (19/7).

Analis Artha Sekuritas, Dennies Christoper, mengatakan, bursa Wall Street, Amerika Serikat (AS), turun pada perdagangan sepekan lalu, terutama diperberat perdagangan jelang akhir pekan. Pasar saham dibebani penurunan saham Amazon, Apple, dan saham teknologi kelas berat lainnya. 

Sementara itu, investor khawatir tentang peningkatan kasus Covid-19 terkait dengan varian delta yang sangat menular. Investor menyeimbangkan kekhawatiran tentang lonjakan inflasi baru-baru ini dengan jaminan dari Gubernur Federal Reserve (The Fed), Jerome Powell, bahwa lonjakan harga bersifat sementara. 

Dennies memperkirakan, IHSG bergerak melemah. Secara teknikal, menurutnya, penguatan di hari sebelumnya didukung volume yang rendah sehingga rentan mengalami koreksi. 

Sponsored

"Perlu dicermati pergerakan masih dibayangi tingginya kasus Covid-19 dan adanya rencana perpanjangan PPKM darurat yang berpotensi memperlambat pemulihan ekonomi pada kuartal III-2021," ujar dia.

Senada dengan Artha Sekuritas, Samuel Sekuritas Indonesia juga memperkirakan IHSG bergerak melemah mengikuti bursa Asia dan AS. 

"Pada pekan ini, investor akan wait and see terhadap rencana perpanjangan PPKM darurat yang kabarnya akan diumumkan hari ini. Pekan ini pun investor akan wait and see terhadap rapat dewan gubernur BI untuk menentukan suku bunga," tulis Samuel Sekuritas.

Berita Lainnya