sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

IHSG dibuka menguat ikuti penguatan Wallstreet

IHSG berpotensi mengikuti pergerakan rebound dan melanjutkan trend positifnya hari ini. 

Annisa Saumi
Annisa Saumi Selasa, 30 Jun 2020 09:06 WIB
IHSG dibuka menguat ikuti penguatan Wallstreet
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 68079
Dirawat 33135
Meninggal 3359
Sembuh 31585

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka naik 0,54% ke level 4.928 pada perdagangan Selasa (30/6). Sebelumnya bursa Amerika Serikat ditutup menguat. Dow Jones ditutup naik 2,28%, Nasdaq ditutup naik 1,20% dan S&P 500 ditutup naik 1,74%. 

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan bursa saham AS ditutup menguat mendekati akhir perdagangan Juni 2020. 

"Peningkatan dicurigai karena window dressing mendekat penutupan kuartal II-2020," kata Dennies. 

Selain itu, investor meyakini pemulihan ekonomi masih terus berlanjut meskipun kasus Covid-19 meningkat setiap harinya. Hanya saja investor akan bersifat lebih reaktif terhadap berita dan data ekonomi seperti data jumlah pekerjaan dan produksi di AS. 

Sementara bursa Asia dibuka bercampur, di mana index Shanghai mengalami penurunan. Adanya sentimen positif dari China mengatakan aktifitas pabrik sudah kembali pulih pada Juni 2020.

Sementara itu analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi mengatakan indeks saham Jepang dibuka rebound mengiringi naiknya mayoritas saham di Wallstreet, setelah data ekonomi yang lebih baik dari perkiraan. 

"Sebuah laporan pertumbuhan penjualan rumah di AS membukukan rekor kenaikan di atas ekspektasi. Indeks Nikkei naik 1,65% dan TOPIX naik 1,33% di awal sesi perdagangan akan memberikan katalis positif untuk pergerakan bursa saham Asia pada perdagangan hari ini," ujar Lanjar. 

Lanjar pun mengatakan secara sentimen, IHSG berpotensi mengikuti pergerakan rebound dan melanjutkan trend positifnya hari ini. 

Sponsored
Berita Lainnya