sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

IHSG dibuka menguat menanti pertemuan AS-Rusia

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka ke level 4.676.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Senin, 06 Apr 2020 09:30 WIB
IHSG dibuka menguat menanti pertemuan AS-Rusia
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 236519
Dirawat 55000
Meninggal 9336
Sembuh 170774

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 1,06% ke level 4.676 pada pembukaan perdagangan Senin (6/4).

Tercatat pada penutupan Jumat, bursa saham Amerika Serikat (AS) ditutup pada zona merah. Dow Jones ditutup melemah 1.69%, NASDAQ ditutup turun 1.53%, dan S&P 500 ditutup terkoreksi 1.51%.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan pelemahan bursa saham AS ini masih didorong oleh meningkatnya kasus Covid-19 di dalam AS sendiri. Sebab, peningkatan kasus tersebut memberikan sentimen negatif pada keuntungan perusahaan pada kuartal I-2020.

"Meskipun beberapa investor telah memiliki optimisme bahwa penyebaran Covid-19 di New York sebagai pusat telah mencapai puncaknya," kata Dennies, Senin (6/4).

Selain itu, lanjut Dennies, harga minyak dunia masih terus mengalami tekanan karena adanya penundaan pertemuan antara negara-negara seperti Rusia dan Arab Saudi. Dengan ketidakpastian tersebut, bursa Asia dibuka bervariasi. Adapun fokus investor Asia saat ini pada harga minyak dunia dan perkembanganya.

Sementara itu, analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi mengatakan investor masih memantau kerusakan ekonomi yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 setelah Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan kehilangan lebih dari 700.000 pekerjaan pada bulan Maret.

Adapun pergerakan IHSG sepanjang hari ini menurut Lanjar akan mendapat angin segar dari menguatnya bursa regiobal dan Dow Jones. Selain itu, investor dalam negeri akan menanti data indeks kepercayaan konsumen.

"Meski demikian, terus bertambahnya angka korban yang terpapar Covid-19 di dalam negeri masih akan membayangi pergerakan IHSG," ujar dia.

Sponsored
Berita Lainnya