sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

IHSG dibuka menguat0,04% ke level 6.042

IHSG diperkirakan bergerak melemah akibat adanya sentimen negatif dari bursa global dan Asia.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Jumat, 09 Jul 2021 09:04 WIB
IHSG dibuka menguat0,04% ke level 6.042

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka naik 0,04% ke level 6.042 pada perdagangan Jumat (9/7).

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan, bursa Wall Street berakhir melemah karena aksi jual yang dilakukan investor. Seluruh indeks utama ditutup lebih rendah, yang didorong oleh ketidakpastian seputar laju pemulihan ekonomi Amerika Serikat (AS). 

Sebelumnya, The Federal Reserve sudah merilis kebijakan moneter terbarunya, yang menunjukkan bank sentral belum percaya ekonomi telah sepenuhnya pulih. Jumlah pekerja AS yang mengajukan aplikasi pertama kali untuk tunjangan pengangguran, secara tak terduga meningkat hingga 373.000 pada minggu lalu. 

Bursa saham asia dibuka melemah cukup signifikan merespons pelemahan bursa Amerika dan Eropa. Bursa saham Jepang Nikkei dibuka turun 1,35% dan bursa saham Korea Selatan Kospi dibuka melemah 0,22%.

Sponsored

Sementara itu, riset harian Samuel Sekuritas memperkirakan IHSG bergerak cenderung melemah. Pasalnya, meskipun adanya sentimen positif kenaikan indeks kepercayaan konsumen Indonesia, terdapat sentimen negatif dari bursa global dan Asia. 

"Selain itu ada kekhawatiran akan diperpanjangnya PPKM darurat akibat lonjakan kasus Covid-19 harian," tulis Samuel Sekuritas.

Berita Lainnya