sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

IHSG dibuka naik tipis ke level 5.118

Kondisi pasar akan cukup volatil menjelang rapat FOMC, terkait dengan suku bunga The Fed.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Selasa, 28 Jul 2020 09:27 WIB
IHSG dibuka naik tipis ke level 5.118
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 137568
Dirawat 39290
Meninggal 6071
Sembuh 91321

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka naik 0,03% ke level 5.118 pada Selasa (28/7). Sementara Bursa Amerika Serikat ditutup menguat. Dow Jones ditutup naik 0,43%%, Nasdaq ditutup naik 1,67%, dan S&P 500 ditutup naik 0,74%.

Analis Artha Sekuritas Nugroho Fitriyanto mengatakan bursa saham AS ditutup menguat pada sesi perdagangan Senin lalu.

"Penguatan tersebut didorong oleh adanya rencana pemulihan dari Partai Republik terhadap Covid-19 berupa pemberian dana langsung sebesar US$1,200 terhadap individu dan juga bantuan kepada bisnis kecil," ujar Nugroho.

Selain itu, ada juga pemberian proteksi gaji sebesar 70% dari gaji terakhir. Nugroho mengatakan kondisi pasar akan cukup volatil menjelang rapat FOMC, terkait dengan suku bunga The Fed.

Nugroho pun memperkirakan IHSG bergerak melemah. Menurutnya saat ini IHSG masih minim sentimen yang memengaruhi pergerakan.

"Investor akan cenderung wait and see menjelang pengumuman The Fed terkait suku bunga dan perekonomian. Investor juga masih khawatir terkait semakin tingginya kasus Covid-19," ucapnya.

Sementara itu analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi mengatakan menjelang pertemuan The Fed, Investor berharap para pembuat kebijakan diharapkan untuk memperkuat indikasi dovish mereka terhadap suku bunga.

"Investor berspekulasi bahwa kemunduran dalam perang global melawan coronavirus akan mendorong Ketua Fed Jerome Powell, untuk memberi sinyal suku bunga akan tetap mendekati nol lebih lama," ujar Lanjar.

Sponsored
Berita Lainnya