sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

IHSG ditargetkan menyentuh level 6.880 pada akhir 2021 

Target tersebut bisa dengan mudah dicapai. Pasalnya, optimisme investor akan berlanjut tahun ini. 

Annisa Saumi
Annisa Saumi Rabu, 13 Jan 2021 16:38 WIB
IHSG ditargetkan menyentuh level 6.880 pada akhir 2021 
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Mirae Asset Sekuritas Indonesia memperkirakan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan menyentuh level 6.880 pada akhir tahun ini. 

Head of Research Division Mirae Asset Sekuritas Hariyanto Wijaya melihat, target tersebut bisa dengan mudah dicapai. Pasalnya, optimisme investor akan berlanjut tahun ini. 

"Optimisme investor di Januari ini positif banget. Dari yang awalnya ragu, ternyata ada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang bisa menjelaskan sumber vaksin dari mana. Ini membuat investor optimistis," ujar Hariyanto, Rabu (13/1).

Skenario terburuk dari vaksinasi ini, jika ada sesuatu yang salah, kata dia, akan membuat terhambatnya kepercayaan investor terhadap pemulihan ekonomi. 

Meskipun Hariyanto memandang optimistis pada gerak IHSG sepanjang tahun ini, tetapi dia juga memperingatkan volatilitas masih akan terjadi. Terutama setelah terbitnya laporan keuangan kuartal I-2021, pada April. 

"Orang akan melihat pola pemulihan di kinerja perusahaan pada 2021. Pada April, investor akan monitor cukup detail," tuturnya. 

Oleh sebab itu, dia memperkirakan, volatilitas terhadap IHSG akan cukup besar sepanjang tahun ini. Namun, trennya akan naik. 

"Biasanya volatilitas ini yang membuat orang suka, terutama investor ritel. Karena mereka bisa membuat keuntungan dari volatilitas itu," kata dia. 

Sponsored
Berita Lainnya