sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

IHSG ditutup menghijau sambut pembebasan pajak dividen dari pemerintah

Kebijakan tersebut akan menahan modal asing maupun domestik untuk tetap berada di Indonesia.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Rabu, 03 Mar 2021 17:07 WIB
IHSG ditutup menghijau sambut pembebasan pajak dividen dari pemerintah

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,27% ke level 6.376 pada perdagangan Rabu (3/3). Penguatan didorong oleh sektor aneka industri yang naik 1,68% dan sektor keuangan yang naik 1,16%. 

Sepanjang hari ini, tercatat 27,2 miliar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi mencapai Rp12,7 triliun. Sebanyak 212 saham naik ke zona hijau dan 268 saham turun ke zona merah. 

Investor asing membukukan pembelian bersih sejumlah Rp521 miliar di seluruh pasar dan Rp356 miliar di pasar reguler. Saham perbankan kembali diborong asing, dengan saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) menjadi tiga saham yang paling banyak dibeli di pasar reguler.

Riset penutupan Pilarmas Investindo Sekuritas menyebutkan, sentimen perdagangan hari ini datang dari Kementerian Keuangan yang membebaskan pajak penghasilan (PPh) atas dividen, dengan syarat 30% laba setelah pajak diinvestasikan kembali di Indonesia. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.18/2021.

Sponsored

"Kebijakan tersebut akan menahan modal asing maupun domestik untuk tetap berada di Indonesia," tulis Pilarmas Sekuritas. 

Pilarmas melanjutkan, luasnya diversifikasi kesempatan reinvestasi akan menjadi salah satu daya tarik dari keringanan pajak itu. 

Sentimen lain datang dari pemerintah yang berupaya menekan laju pandemi Covid-19 dengan mendatangakan lagi sebanyak 10 juta vaksin dari Sinovac. Dengan kedatangan ini, maka Indonesia secara total sudah mengamankan 38 juta vaksin Covid-19.

Berita Lainnya