sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

IHSG ditutup menguat jelang pengumuman kabinet

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat ke level 6.225 pada penutupan perdagangan hari ini (22/10).

Annisa Saumi
Annisa Saumi Selasa, 22 Okt 2019 17:10 WIB
IHSG ditutup menguat jelang pengumuman kabinet

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat sebanyak 26 poin ke level 6.225 pada penutupan perdagangan hari ini (22/10). IHSG mengalami kenaikan 0,4% dari harga pembukaan di level 6.198.

Tercatat sebanyak 186 saham menguat, 224 saham melemah, dan 250 saham tidak mengalami perubahan. Investor asing tercatat membukukan penjualan bersih sebesar Rp40,7 miliar.

Analis Teknikal Bahana Sekuritas Muhammad Wafi mengatakan IHSG berhasil bertahan di zona positif menyusul berita mulai terisinya beberapa pos menteri kabinet yang baru.

"Selain itu, penantian keputusan bank sentral yang diperkirakan akan kembali memangkas suku bunga bank sentral hari Kamis nanti juga turut menjadi katalis positif IHSG hari ini," kata Wafi dalam risetnya, Selasa (22/10).

Sementara itu, Head of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan penguatan IHSG hari ini dan satu pekan terakhir seiring dengan pemulihan gejolak politik dalam negeri. 

"Penguatan IHSG juga didukung penurunan dari credit default swap lima tahun sejak akhir September, di mana penurunan tersebut memberikan indikasi terhadap penurunan risiko pada pasar keuangan," ujar Nico.

Tercatat, enam sektor mengalami penguatan hari ini dipimpin oleh sektor industri dasar sebesar 1,9% dan tiga sektor mengalami pelemahan dipimpin sektor konsumer yang mengalami penurunan 0,8%.

Saham-saham yang menjadi top gainer antara lain adalah BBCA, BBRI, dan TLKM. Sementara saham-saham yang menjadi top loser antara lain HMSP, BBNI, dan GGRM.

Sponsored

Asing tercatat melakukan net buy sebesar Rp87 miliar dengan saham-saham yang paling banyak dibeli oleh asing antara lain BBCA, HMSP, dan BRPT.