sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

IHSG dibuka melemah 0,10% ke level 4.604

Pelemahan bursa di Indonesia berbanding terbalik dengan kondisi di bursa AS dan Asia.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Jumat, 08 Mei 2020 09:45 WIB
IHSG dibuka melemah 0,10% ke level 4.604
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 28818
Dirawat 18205
Meninggal 1721
Sembuh 8892

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah 0,10% ke level 4.604 pada Jumat (8/5). Padahal kinerja bursa saham di Asia justru mengalami penguatan akibat sentimen dari Amerika Serikat (AS). 

Sebagai informasi, bursa Amerika Serikat ditutup menguat. Dow Jones ditutup naik 0,89%, Nasdaq ditutup menguat 1,41%, dan indeks S&P 500 ditutup naik 1,15%.

Penguatan bursa AS berbanding terbalik dengan data ekonomi AS yang dirilis pada Kamis (7/5). Seperti diketahui, Jumlah klaim pengangguran telah mencapai 33,3 juta orang atau mencapai 20% dari total pekerja di AS. 

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan, investor masih terus berharap bahwa pembukaan kembali ekonomi di AS akan menjadi katalis utama sentimen penguatan bursa AS.

Di sisi lain, bursa saham di Asia dibuka menguat mengikuti pergerakan saham AS. Selain itu, penguatan juga didorong oleh peningkatan harga minyak yang telah mencapai US$23,84 per barrel.

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Nico Demus menambahkan, dari dalam negeri sentimen datang dari Bank Indonesia. Konsumen masih relatif optimis atas perkiraan kondisi ekonomi pada enam bulan mendatang, meskipun tidak sekuat perkiraan bulan sebelumnya.

Optimisme tersebut, kata Nico, ditopang oleh perkiraan penghasilan yang meningkat dan kegiatan usaha yang kembali membaik pada enam bulan mendatang. Seiring dengan perkiraan telah meredanya pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Kami juga melihat bahwa sebentar lagi, pandemi akan berlalu. Sehingga ada potensi yang cukup besar untuk ekonomi dapat berjalan kembali pada awal bulan Juni," ujarnya.

Sponsored
Berita Lainnya