sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Indonesia bidik pasar global kembangkan industri halal dan keuangan syariah

Pertumbuhan keuangan syariah dunia diprediksi mencapai US$3,69 triliun pada 2024.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Selasa, 29 Des 2020 14:51 WIB
Indonesia bidik pasar global kembangkan industri halal dan keuangan syariah

Indonesia getol menggenjot pertumbuhan keuangan syariah. Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Indonesia memiliki potensi industri keuangan syariah yang besar dengan jumlah populasi penduduk muslim terbesar di dunia.

"Oleh karena itu, Indonesia harus dapat menjadi pemain utama, baik di pasar lokal maupun di tingkatan global," katanya dalam video conference, Selasa (29/12).

Menurut Ma'ruf, Indonesia akan memanfaatkan tren pertumbuhan keuangan syariah, baik dalam negeri ataupun global.

Pertumbuhan keuangan syariah dunia diprediksi akan mencapai US$3,69 triliun pada 2024 atau tumbuh 5% dibandingkan pertumbuhan rata-rata 2019 yang sebesar US$2,88 triliun.

Untuk itu, pemerintah mendorong terciptanya inovasi di berbagai sektor untuk mengembangkan industri halal. Dus, keuangan syariah juga akan ikut terkerek. 

Dia menjelaskan, di industri kosmetik, Indonesia telah mampu menguasai pasar lokal dan ditargetkan dapat merambah pasar global di waktu mendatang.

Hal yang sama juga akan dilakukan untuk industri lainnya seperti di industri suplemen makanan, industri bahan makanan dan minuman herbal, obat tradisional, health care, dan farmasi.

"Kami ingin membuka peluang yang lebih besar ke dunia," ujarnya.

Sponsored

Sementara itu dari sisi industri keuangan syariah hingga Juni 2020, pangsa pasar keuangan syariah secara umum, termasuk perbankan, asuransi, dan pasar modal berada di bawah 10%. 

Namun, sambung Ma'ruf, untuk perbankan syariah sendiri pangsa pasarnya mencapai 6,18%. Dengan demikian, total aset syariah per Juni 2020 tumbuh 20,45% secara tahunan (yoy). 

"Dari angka-angka itu kita bisa melihat prospek industri keuangan syariah yang cukup menjanjikan, baik secara global mupun domestik," ucapnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, tekad untuk menjadi pemain di pasar keuangan syariah global pun terlihat dari upaya yang dilakukan pemerintah dengan menggabungkan tiga bank syariah milik Himbara, yaitu BRI Syariah, BNI Syariah, dan Mandiri Syariah ke dalam satu wadah bernama Bank Syariah Indonesia.

"Bank Syariah Indonesia akan beroperasi penuh Februari 2021. Dengan ini Indonesia diharapkan dapat menjadi pemain yang diperhitungkan, baik di lokal dan global," tuturnya.

Berita Lainnya

Penampakan Redmi K50 terkuak

Selasa, 27 Jul 2021 11:14 WIB

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB