sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Indonesia peroleh pinjaman 50 miliar yen dari Jepang

Pinjaman dengan Jepang merupakan fase kedua setelah fase pertama sebelumnya dilakukan pada Februari 2020.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Kamis, 01 Apr 2021 19:07 WIB
Indonesia peroleh pinjaman 50 miliar yen dari Jepang
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Pemerintah Indonesia dan Jepang menandatangani pertukaran nota atau E/N untuk pinjaman senilai 50 miliar yen guna mendukung perbaikan kebijakan Indonesia dalam peningkatan ketahanan dan manajemen bencana, dengan mendorong investasi awal.

Penandatanganan tersebut dilakukan pada Selasa (30/3), yang diwakili oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji dan Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Abdul Kadir Jailani.

"Indonesia adalah negara yang kerap kali mengalami bencana alam, di mana bencana alam merupakan salah satu penyebab kerugian, baik secara perekonomian maupun sosial," tulis keterangan resmi Kedubes Jepang, Kamis (1/4).

Indonesia merupakan salah satu wilayah yang rawan bencana alam, seperti gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, banjir, dan kebakaran hutan yang banyak memakan korban jiwa dan berdampak besar terhadap perekonomian.

Oleh karena itu, pinjaman yen ini bertujuan untuk mendukung perbaikan kebijakan dan sistem di bidang pencegahan bencana yang dipromosikan oleh pemerintah Indonesia.

Salah satu tujuannya adalah dengan memastikan kondisi kemajuan kebijakan matriks (tabel kebijakan) baik di Jepang maupun di Indonesia, serta untuk memperkuat sistem pencegahan bencana secara komprehensif di Indonesia. 

Fase pertama pinjaman yen ini telah dilakukan pada bulan Februari 2020 senilai 31,8 miliar yen. Untuk pinjaman yen fase kedua kali ini, Jepang terus mendukung upaya Indonesia di tengah-tengah meluasnya dampak pandemi Covid-19.

Lebih lanjut, selain untuk makin mengembangkan hubungan kemitraan strategis antara Jepang dan Indonesia, pinjaman yen ini juga berkontribusi untuk mewujudkan Free and Open Indo-Pacific (FOIP) dan AOIP (ASEAN Outlook on the Indo-Pacific), yang berbagi prinsip dasar yang sama dengan FOIP.

Sponsored

 

 

Setelah mereka meniup peluit...

Setelah mereka meniup peluit...

Kamis, 22 Apr 2021 16:48 WIB
Memutus belenggu generasi sandwich

Memutus belenggu generasi sandwich

Kamis, 22 Apr 2021 14:25 WIB
Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Rabu, 21 Apr 2021 17:33 WIB
Berita Lainnya