sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Indosat Ooredoo gandeng Google Cloud percepat digitalisasi UMKM

Kerja sama ini sejalan dengan tujuan program pengembangan ekonomi digital yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia. 

Davis Efraim Timotius
Davis Efraim Timotius Rabu, 10 Nov 2021 10:13 WIB
Indosat Ooredoo gandeng Google Cloud percepat digitalisasi UMKM

Indosat Ooredoo dan Google Cloud mengumumkan kemitraan strategis baru untuk mempercepat transformasi digital di seluruh segmen konsumen dan pengusaha di Indonesia.

President Director dan CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama mengatakan, kerja sama ini sejalan dengan tujuan program pengembangan ekonomi digital yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia. 

“Kami memahami dampak signifikan pandemi terhadap UMKM di Indonesia dan kemitraan ini akan menghadirkan produk dan layanan digital baru dan luar biasa yang dibutuhkan bisnis ini untuk berkembang,” ujar Ahmad Al-Neama dalam keterangan tertulis seperti dikutip, Rabu (10/11).

Melalui kemitraan tersebut, Indosat Ooredoo akan menawarkan solusi digital UMKM berbasis cloud dan berkemampuan 5G yang akan memberdayakan model bisnis baru dan memungkinkan mereka untuk memanfaatkan pasar dan peluang baru yang sebelumnya tidak mungkin.

Adapun pilar kemitraan strategis yang disepakati akan ­­mendorong kedua perusahaan bekerja sama untuk transformasi UMKM Indonesia secara digital di seluruh proses bisnis perusahaan. Indosat Ooredoo dan Google Cloud akan menciptakan marketplace yang dipersonalisasi dengan penawaran software-as-a-service, dengan tujuan mendigitalkan UMKM sepenuhnya sejak mereka memulai bisnis mereka, dan di setiap tahap perjalanan bisnis mereka.

Kedua, transformasi perusahaan dan komunitas secara digital dengan kekuatan 5G. Kedua perusahaan akan membangun portofolio solusi 5G edge computing yang menyatukan jaringan Indosat Ooredoo, teknologi terdepan Google Cloud, dan edge computing untuk membantu perusahaan mengatasi tantangan bisnis nyata di seluruh industri.

“Dengan menghadirkan komputasi dan kemampuan Google Cloud yang canggih, pelaku bisnis dapat memindahkan infrastruktur dari lokasi terpusat ke edges ini dan menjalankan aplikasi lebih dekat ke pengguna, serta membangun pengalaman yang mengubah industri ritel, perawatan kesehatan, manufaktur, hiburan, dan banyak lagi,” tutur Ahmad.

Aspek kunci lainnya dari pilar kemitraan ini adalah Indosat Ooredoo dan Google Cloud menjajaki pengembangan managed services B2B security untuk meningkatkan ketahanan mereka dan melindungi perusahaan dari risiko cybersecurity.

Sponsored

Ketiga, transformasi digital operasional Indosat Ooredoo di mana perusahaan akan memodernisasi infrastruktur dan aplikasinya di Google Cloud. 

Secara khusus, Indosat Ooredoo dan Google Cloud akan menetapkan peta jalan yang jelas untuk modernisasi data analitik tingkat lanjut dan adopsi AI/ML (artificial intelligence/machine learning) yang tidak hanya akan meningkatkan operasi inti, biaya, dan pengalaman pelanggan, tetapi juga memajukan posisi Indosat Ooredoo sebagai yang terdepan di ekosistem telekomunikasi, serta memungkinkannya untuk mengidentifikasi dan memaksimalkan peluang model bisnis baru di masa depan.

“Kami menantikan kolaborasi yang panjang dan penuh manfaat dengan Google yang akan mempercepat digitalisasi di kalangan UMKM dan transformasi Indonesia menjadi masyarakat digital,” tutup Ahmad.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid