Toko-toko resmi Samsung di Indonesia menyediakan berbagai produk elektronik dengan layanan yang memenuhi kebutuhan pelanggan. Dari berbagai kota besar hingga pusat perbelanjaan, toko Samsung terus berkembang, memperluas jangkauan dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan.
Di balik kesuksesan ini, salah satu pemain utama yang mengelola ritel Samsung di Indonesia adalah PT Mitra Hub Indonesia (MHI). Sejak didirikan pada 2014, MHI telah berhasil membangun jaringan toko yang kini mencapai 75 gerai, dan meraih berbagai penghargaan bergengsi sebagai pengakuan atas kinerja dan komitmen mereka dalam sektor ritel.
Sejarah
Berdiri pada Januari 2014, PT Mitra Hub Indonesia (MHI), atau dikenal sebagai Samsung MHI, terus berkembang dan aktif di industri ritel elektronik. Perusahaan ini kini mengelola 75 gerai resmi Samsung di Pulau Jawa, termasuk di Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. MHI mengoperasikan tiga tipe store, yakni Samsung Premium Store (SPS), Samsung Multiexperience Store (SMS), dan Samsung Experience Store (SES), dengan salah satu gerai terbesar berada di SMS Bandung Electronic Center (BEC).
Ekspansi store telah berlangsung selama lebih dari satu dekade, dimulai dengan 6 store pada tahun pertama yaitu di BEC Bandung, Bekasi, Depok Town Square, Plaza Marina Surabaya, Mall Ambassador Jakarta, Malang Plaza, serta Miko Mall Bandung. Selanjutnya, pertumbuhan berlangsung secara bertahap dari 9 store pada 2015, menjadi 15 di 2016, lalu melonjak ke 33 store pada 2017.
Sejak saat itu, pertumbuhan store MHI semakin meningkat dengan jumlah 44 store pada 2019, 53 store di 2020, hingga 67 store pada 2022 meskipun pada saat itu kondisi ekonomi sedang mengalami banyak tantangan akibat terjadinya pandemi COVID-19.
Pertumbuhan ini pun terus berlanjut di tahun-tahun setelahnya, dengan jumlah store yang meningkat menjadi 71 pada 2023 dan 75 pada 2024. Hingga tahun 2025, jumlah store yang berada di bawah manajemen MHI mencapai lebih dari 75 store.
Penghargaan
Selama perjalanannya, MHI menerima sejumlah penghargaan dari mitra dan institusi eksternal, antara lain:
• The Most Perfect Partner – Samsung Elite (2018)
• Most Collaborative & Progressive Partner – XL Axiata (2018)
• XL Preferred Partner – XL Axiata (2020 & 2021)
• Best Decorative Window Display – Tenant Award Supermall Karawaci (2021)
• Best Committed Partner – Samsung Regional Conference (2021 & 2023)
• Fastest Growing Samsung Care+ Retailer – Samsung Indonesia & Bolttech (2022)
• One Trillion Samsung Revenue in 2022 – Samsung Electronics Indonesia (2022)
• 3rd Winner Best Flasgship Portion Growth – Samsung Electronics Indonesia (2024)
• 1st Winner Best Eco Attachment Rate Growth – Samsung Electronics Indonesia (2024)
Sejumlah penghargaan yang diterima MHI selama beberapa tahun terakhir menunjukkan pengakuan dari mitra-mitra strategis atas kinerja operasional di bidang ritel elektronik. Berdasarkan dokumen internal dan sertifikat resmi yang dimiliki perusahaan, penghargaan tersebut mencakup kategori kolaborasi, pertumbuhan kinerja penjualan, serta tampilan visual store.