logo alinea.id logo alinea.id

Intip konsep moda transportasi di ibu kota baru

Pemerintah memastikan ibu kota baru di Kalimantan Timur berkonsep forest city, termasuk moda transportasi yang canggih.

Cantika Adinda Putri Noveria
Cantika Adinda Putri Noveria Selasa, 03 Sep 2019 21:26 WIB
Intip konsep moda transportasi di ibu kota baru

Pemerintah memastikan ibu kota baru di Kalimantan Timur berkonsep forest city, termasuk moda transportasi yang canggih.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan akan menyerahkan usulan konsep moda transportasi untuk ibu kota baru kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pekan ini. Menhub baru akan mengkalkulasi besaran anggarannya setelah ada arahan dari Presiden Jokowi. 

"Jadi, kami sedang membuat (usulan moda transportasi), mungkin akan kami sampaikan akhir minggu ini kepada Bapak Presiden," tutur Budi saat ditemui di kompleks DPR Senayan Jakarta, Selasa (3/9).

Dia menjelaskan, kajian moda transportasi tersebut termasuk detail pembangunan infrastruktur transportasi, maupun besaran anggaran yang dibutuhkan. Kajian itu setidaknya, kata Budi, membutuhkan waktu hingga satu tahun. 

Kemenhub tengah meminta rekomendasi kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

"Kami belum tahu titik-titik kota baru di mana. Kami sedang minta rekomendasi Kementerian PUPR dan Bappenas," ujarnya. 

Budi pun mengatakan, tidak menutup kemungkinan bagi pemerintah apabila ada pihak swasta yang ingin terlibat dalam pembangunan infrastruktur di ibu kota baru di Kalimantan Timur. 

Kerja sama dengan swasta tersebut, akan diwujudkan dalam skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Hal itu juga sejalan dengan rencana Bappenas untuk memaksimalkan penggunaaan skema KPBU dalam membiayaai pembangunan ibu kota baru, agar tidak membebani APBN. 

Sponsored

Budi mengusulkan proyek kereta api ringan (Lintas Raya Terpadu/LRT) menjadi moda transportasi pertama di ibu kota baru yang akan diberikan kepada pihak swasta. "Jadi (LRT) dari Samarinda-Kota Baru-Balikpapan," katanya.

Sebelumnya, Budi juga menyatakan pemerintah membuka peluang bagi investor dari China untuk mengembangkan transportasi massal di lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur

"Sejujurnya saya belum mendengar kabar ini. Tapi kalau memang benar, welcome saja kalau mereka ingin ikut dalam proyek KPBU," kata Budi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Jakarta.

Beberapa jenis transportasi masal yang dipertimbangkan dibangun antara lain, Moda Raya Terpadu (Mass Rapid Transit/MRT), Light Rail Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT). Pembangunan transportasi masal itu, sambung dia, bisa dilakukan secara bertahap.

Jokowi sendiri telah menetapkan lokasi ibu kota baru berada di Kalimantan Timur. Tepatnya sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.