sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

IHSG turun ke zona merah

Meski investor asing melakukan jual bersih di seluruh pasar, tetapi, di pasar reguler, asing melakukan beli bersih senilai Rp181 miliar.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 17 Jun 2021 17:10 WIB
IHSG turun ke zona merah

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,17% ke level 6.068 pada perdagangan Kamis (17/6).

Tercatat, sebanyak 27,7 miliar saham diperdagangkan, dengan nilai transaksi mencapai Rp13,5 triliun. Sebanyak 179 saham naik ke zona hijau dan 327 saham turun ke zona merah. 

Investor asing melakukan aksi jual bersih senilai Rp632 miliar di seluruh pasar dan beli bersih senilai Rp181 miliar di pasar reguler. Saham PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) menjadi tiga saham yang paling banyak dibeli asing di pasar reguler. 

Riset penutupan Pilarmas Investindo Sekuritas menyebut, dari dalam negeri, Bank Indonesia merespon kebijakan The Fed yang akan mengantisipasi tapering baru akan terjadi pada tahun depan. Hal tersebut membawa Bank Indonesia untuk tetap menahan suku bunga acuan 7DRRR di 3,5%, bunga kredit 4,25% dan bunga simpanan di 2,75%. 

Sponsored

Pertumbuhan kredit perbankan yang masih negatif juga menjadi fokus Bank Indonesia dalam beberapa bulan ke depan. Bank Indonesia menyampaikan penyaluran kredit pada bulan Mei 2021 turun 1,28% YoY, tetapi lebih baik dari April 2021 yang tercatat turun 2,4% YoY. 

Perbaikan kredit pada Mei didorong oleh naiknya permintaan kredit, aktivitas bisnis, dan kemampuan bayar dari pelaku usaha. Jika mengacu pada strategi Bank Indonesia, kebijakan pada KPR mengalami dampak positif yang tercatat naik 6,61% YoY. Kenaikan ini sejalan dengan implementasi dari LTV dan insentif pajak pemerintah, guna menopang konsumsi dan juga perbaikan dari kinerja sektor properti di tahun ini.

Berita Lainnya