Bisnis / Pasar modal

Jangan takut berinvestasi saham saat tahun Pemilu

Banyak pihak yang beranggapan tahun politik saat Pemilu 2019 bukanlah waktu yang tepat untuk berinvestasi di pasar modal.

Jangan takut berinvestasi saham saat tahun Pemilu
Bursa Efek Indonesia (BEI) menampik pandangan adanya penurunan minat investor untuk berinvestasi di pasar modal saat tahun politik yakni pada 2019. / Antara Foto

Banyak pihak yang beranggapan tahun politik saat Pemilu 2019 bukanlah waktu yang tepat untuk berinvestasi di pasar modal.

Bursa Efek Indonesia (BEI) menampik pandangan adanya penurunan minat investor untuk berinvestasi di pasar modal saat tahun politik yakni pada 2019.

Pasalnya, jika mengutip data historis pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), BEI menyebutkan justru saat tahun Pemilu, investasi di pasar modal terbilang stabil.

Hal itu disampaikan oleh Head of Strategy Potential Issuer Development BEI Yogi Brilliana di Gedung BEI, Jumat (7/12).

Dia mencontohkan pada periode 2009 dan 2014 saja, gerak IHSG yang mencerminkan permintaan pasar justru konsisten di tahun Pemilu.

"Stigma yang keliru juga kalau misalnya di tahun Pemilu, minat investor kecil," kata Yogi di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (7/12).

Dengan demikian, Yogi pun mengimbau kepada pengusaha atau calon emiten untuk tidak ragu dalam mengambil aksi pencatatan saham perdana (initial public offering/IPO) pada tahun Pemilu.

Dia beralasan, biasanya kecenderungan permintaan investor berkurang bukan terjadi pada tahun Pemilu, melainkan satu tahun sebelum tahun Pemilu.

"Kekhawatirannya itu justru terjadi pada sebelum Pemilu. Karena mereka masih wait and see. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan meskipun IPO pada tahun Pemilu," pungkasnya.


Berita Terkait

Kolom

Infografis