sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jasa Marga operasikan 3 tol akhir 2019, termasuk Japek Elevated

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) siap mengoperasikan tiga ruas jalan tol akhir tahun 2019 ini, termasuk Japek Elevated.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Rabu, 21 Agst 2019 18:05 WIB
Jasa Marga operasikan 3 tol akhir 2019, termasuk Japek Elevated

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) siap mengoperasikan tiga ruas jalan tol akhir tahun 2019 ini. Ketiga ruas tol tersebut adalah Jakarta-Cikampek Elevated, Balikpapan-Samarinda, dan sesi IV dan V Pandaan-Malang.

Direktur Keuangan Jasa Marga Donny Arsal mengatakan untuk progres jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) Elevated telah berjalan 92%-94%. Untuk tarif tol, akan disesuaikan dengan keputusan pemerintah.

"Tarifnya seperti apa, kita lagi menunggu keputusan pemerintah mengenai Japek Elevated karena masih di-review oleh pemerintah," kata Donny dalam paparan publik di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (21/8).

Donny melanjutkan, per semester I-2019 Jasa Marga telah mengoperasikan total 1.041 km jalan tol. Hingga akhir tahun, Jasa Marga menargetkan akan mengoperasikan kurang lebih 1.200 Km jalan tol.

Sementara untuk target proyek tol tahun depan yang dibidik perseroan, Donny mengatakan hal tersebut bergantung dari konsesi yang akan dilelang pemerintah.

"Ada beberapa inisiatif seperti akses Panimban, Jawa Selatan, Bali Selatan. Tapi itu semua tergantung apakah pemerintah akan melakukan lelang tahun depan," ujar Donny.

Donny pun mengatakan beberapa ruas di Jawa bagian Selatan nilai investasinya akan dihitung lagi. Jasa Marga akan melihat apakah jalan pembebasan lahannya tidak sulit, dan apakah ada bukit yang harus dibuat terowongan oleh perseroan. 

Untuk tahun depan, Donny mengatakan perseroan akan mengerjakan tol Kertosono-Kediri yang merupakan tambahan lingkup dari Ngawi-Kertosono.

Sponsored
Berita Lainnya