sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jasa Marga siapkan Tol Trans Jawa melantai di Bursa Efek Indonesia

IPO ini akan dilakukan setelah perusahaan melakukan spin off atau pemisahan anak usaha sebanyak 14 ruas jalan tol.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Senin, 08 Mar 2021 12:47 WIB
Jasa Marga siapkan Tol Trans Jawa melantai di Bursa Efek Indonesia

PT Jasa Marga Tbk. (JSMR) berencana melakukan initial public offering (IPO) anak usaha pengelola Jalan Tol Trans Jawa. IPO ini akan dilakukan setelah perusahaan melakukan spin off atau pemisahan anak usaha sebanyak 14 ruas jalan tol.

"Kami punya 14 ruas yang bisa kami spin off ke subholding Trans Jawa. Prosesnya menunggu waktu yang tepat dari sisi valuasi," kata Direktur Keuangan Jasa Marga, Donny Arsal dalam diskusi forum wartawan BUMN, Senin (8/3).

Setelah melakukan spin off, pihaknya akan melakukan optimalisasi dengan melakukan perbaikan dari sisi efisiensi dan kinerja. Dengan demikian, diharapkan ketika saham subholding tersebut dijual ke publik, bisa memberikan hasil yang optimum dari sisi valuasi.

"Berapa valuasinya sedang kami hitung ulang. Dengan adanya Covid-19 dan lain-lain yang sedang kami siapkan, untuk valuasi mestinya angkanya cukup signifikan karena ada 14 ruas yang kami spin off ke subholding Trans Jawa," ujar dia. 

Sponsored

Lebih lanjut, Donny memperkirakan IPO ini bakal terjadi dalam waktu satu hingga dua tahun. Dengan harapan, Covid-19 telah mereda dan pendapatan perseroan kembali ke kondisi normal.

"Karena valuasi nanti berdasarkan revenue dan arus kas dari subholding," tuturnya.

Berita Lainnya