sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jelang Idulfitri, IHSG dibuka melemah 0,21%

Pergerakan IHSG diperkirakan minim sentimen dari data perekonomian menjelang libur Idulfitri.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Selasa, 11 Mei 2021 09:14 WIB
Jelang Idulfitri, IHSG dibuka melemah 0,21%

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah 0,21% ke level 5.963 pada perdagangan Selasa (11/5).

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan, bursa Amerika Serikat ditutup melemah setelah menguat lima hari berturut-turut. Investor kembali keluar dari saham-saham yang sedang bertumbuh, melanjutkan tren yang terlihat awal tahun ini, di tengah meningkatnya kekhawatiran inflasi dan suku bunga yang lebih tinggi. 

"Walaupun saham sektor utilitas dan konsumer pada perdagangan kemarin menguat, namun pelemahan saham teknologi yang tak terbendung membuat bursa saham Wall Street akhirnya ditutup di zona merah," kata dia. 

Selain itu, data tenaga kerja April yang jauh lebih lemah dari ekspektasi, dengan hanya 266.000 gaji baru atau jauh dari ekspektasi dalam polling Dow Jones yang memperkirakan 1 juta slip gaji baru. Pasar pun bertaruh bahwa kebijakan moneter ekstra longgar bakal dipertahankan.

Sponsored

Dennies memperkirakan IHSG bergerak menguat. Pergerakan pada awal pekan akan minim sentimen dari data perekonomian menjelang libur panjang untuk merayakan Idulfitri. Selain itu, investor masih akan mencermati rilis kinerja kuartal I-2021 beberapa emiten.

Berbeda dengan Artha Sekuritas, Samuel Sekuritas Indonesia memperkirakan pelemahan bursa AS dan hari terakhir perdagangan sebelum libur Idulfitri, membuat Samuel Sekuritas memperkirakan IHSG akan terkoreksi hari ini.

Berita Lainnya