sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jelang pengumuman RDG, IHSG dibuka turun 0,31%

Investor akan mengantisipasi penetapan suku bunga Bank Indonesia hari ini.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 17 Jun 2021 08:59 WIB
Jelang pengumuman RDG, IHSG dibuka turun 0,31%

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah 0,31% ke level 6.059 pada perdagangan Kamis (17/6).

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan, Indeks Wall Street ditutup melemah setelah petinggi The Federal Reserve membuat investor bingung dengan indikasi bahwa bank sentral dapat mulai menaikkan suku bunga pada 2023, setahun lebih awal dari yang diharapkan. 

Selain itu, The Fed mengutip prospek ekonomi yang membaik, dengan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan diperkirakan mencapai 7% tahun ini. 

Dengan inflasi yang meningkat lebih cepat dari yang diharapkan dan ekonomi bangkit kembali dengan cepat, pasar telah mencari petunjuk kapan The Fed dapat mengubah kebijakan yang diberlakukan tahun lalu, untuk memerangi dampak ekonomi dari pandemi, termasuk program pembelian obligasi besar-besaran.

Dennies pun memperkirakan IHSG bergerak melemah. Menurutnya, pergerakan masih akan dibayangi kekhawatiran akan kebijakan tapering off yang menyebabkan outflow IHSG. 

"Selain itu, masih ada kekhawatiran akibat jumlah kasus Covid-19 dalam negeri yang mencapai 10.000 kasus per hari, yang mencapai rekor tertinggi sejak Januari. Investor juga akan mengantisipasi penetapan suku bunga Bank Indonesia," kata dia.

Sementara riset pembukaan Samuel Sekuritas Indonesia memperkirakan, rilis data ekonomi yang ditunggu hari ini adalah BI7DRRR Indonesia per Juni 2021, yang diproyeksikan pasar akan stabil di level 3,5%. 

"Hari ini, IHSG kami perkirakan berpotensi bergerak sideways dengan minimnya sentimen dari global maupun domestik," tulis Samuel Sekuritas.

Sponsored
Berita Lainnya