sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi: Banyak program yang tak memiliki tujuan jelas

Masih terdapat program/kegiatan yang tidak memiliki ukuran keberhasilan yang jelas.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Kamis, 27 Mei 2021 14:35 WIB
Jokowi: Banyak program yang tak memiliki tujuan jelas

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, masih banyak perencanaan dan penganggaran yang masih belum sepenuhnya menyasar kinerja yang jelas, sehingga capaian program tidak berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

"Saya perhatikan, kualitas perencanaan dan penganggaran masih menjadi isu. Masih terdapat program/kegiatan yang tidak memiliki ukuran keberhasilan yang jelas. Tidak jelas apa yang ingin disasar," katanya dalam Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah 2021, Kamis (27/5).

Selain itu, program yang disusun tanpa orientasi dan target yang jelas tersebut, juga tidak sinkron dengan berbagai program dan kegiatan lainnya.

Jokowi pun menuturkan bahwa masih terdapat gap arah pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah. 

"Ketidaksinkronan arah pembangunan tersebut menyebabkan daya ungkit program atau kegiatan yang dilaksanakan menjadi tidak optimal," ucapnya.

Oleh karena itu, dia menginstruksikan agar lembaga pengawas intern, yaitu Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP), agar mengawal program/kegiatan pemerintah mulai dari hulu.

Dia meminta agar proses perencanaan dan penganggaran dilakukan dengan baik, tidak sekedar mengulang perencanaan tahun-tahun sebelumnya. 

"Kawal agar program/kegiatan yang dirancang memiliki tujuan/sasaran dan ukuran keberhasilan yang jelas," ujarnya.

Sponsored

APIP juga harus memastikan program/kegiatan yang direncanakan memiliki kebermanfaatan yang nyata. Dia juga minta agar BPKP, yang memiliki kewenangan pengawasan intern lintas sektoral, untuk memastikan program/kegiatan lintas kementerian dirancang secara konvergen.

Berita Lainnya