sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi benahi lima zona di Labuan Bajo tahun ini

Presiden Jokowi akan menyulap Labuan Bajo menjadi destinasi pariwisata super premium.

Laila Ramdhini
Laila Ramdhini Senin, 20 Jan 2020 12:16 WIB
Jokowi benahi lima zona di Labuan Bajo tahun ini
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 76981
Dirawat 36636
Meninggal 3656
Sembuh 36689

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemerintah akan mulai membenahi lima zona atau kawasan di Labuan Bajo tahun ini guna mendorong daerah tersebut menjadi destinasi wisata super premium.

Jokowi mengatakan Labuan Bajo akan menjadi kawasan super premium karena pemerintah membidik pasar wisatawan dengan pengeluaran yang lebih besar dibandingkan yang lain. Sehingga, devisa negara dari sektor pariwisata bisa meningkat lebih pesat.

 “Ada lima zona yang harus kita tata, yaitu yang pertama yang ada di Bukit Pramuka, kemudian kedua yang di Kampung Air, ketiga di pelabuhan peti kemas dan dermaga penumpang, kemudian yang keempat di kawasan marina, yang kelima di zona Kampung Ujung,” ujar Jokowi saat memimpin Rapat Terbatas (ratas) mengenai Pengembangan Destinasi Wisata Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (20/1), dikutip dari situs Sekretariat Kabinet.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan lima zona tersebut akan menjadi sebuah ruang publik tidak terputus yang menghadirkan sebuah lanskap yang indah dan menjadi generator penggerak pembangunan serta pusat aktivitas masyarakat di Labuan Bajo. Selain itu, Jokowi juga mengatakan meski ada beberapa hotel berbintang dengan berbagai fasilitas yang ada, namun masih sangat diperlukan lagi tambahan hotel untuk Labuan Bajo.

“Yang kedua, yang berkaitan dengan Infrastruktur. Saya berharap ini awal tahun ini runway dan terminal Bandara Komodo akan segera mulai (dibangun),” tutur Jokowi.

Jokowi berharap nantinya bandara ini memiliki kapasitas yang besar untuk menampung penumpang dan melayani trafik penerbangan yang padat. Sehingga, jumlah kedatangan turis ke Labuan Bajo bisa meningkat.

Berkaitan dengan sumber daya manusia, Jokowi menginginkan masyarakat lokal untuk terlibat dalam pembangunan yang dilakukan di Labuan Bajo. 

“Karena itu SDM masyarakat lokal cepat-cepat harus kita tingkatkan keahliannya, kompetensinya, baik dari sisi keterampilan yang disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di industri pariwisata yang ingin kita kerjakan,” ujar Presiden. 
Jokowi juga mengatakan usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah yang ada di kawasan wisata Labuan Bajo bisa lebih menggeliat. Dia juga berharap akan ada creative hub yang akan menggarap produk-produk lokal, baik dari sisi kemasan, desain, kualitas, dan harga. 

Sponsored

“Kita harapkan nantinya tenun, kopi, kerajinan, makanan khas betul-betul bisa tumbuh. Dan seiring dengan itu juga atraksi budaya lokal, kesenian daerah juga harus semakin hidup dan menghidupkan area yang ada di Labuan Bajo,” ujar Jokowi. 

Ratas ini diikuti Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Selain itu, hadir Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Kepala BNPB Letjen (TNI) Doni Monardo, Kepala BASARNAS Laksdya Bagus Puruhito, Gubernur NTT Viktor Laiskodat, dan Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch. Dula.
 

Berita Lainnya