sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Jokowi janji Lampung sampai Aceh tersambung tol pada 2024

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera untuk ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung.

Laila Ramdhini
Laila Ramdhini Jumat, 15 Nov 2019 18:01 WIB
Jokowi janji Lampung sampai Aceh tersambung tol pada 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera untuk ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, di Lampung hari ini (15/11). Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan ruas Pematang Panggang sampai Kayu Agung sepanjang 189 kilometer (km) ini merupakan tol terpanjang yang pernah diresmikannya.

“Ini adalah jalan tol terpanjang yang pernah saya resmikan. Diharapkan nanti akan disambung lagi dari Kayu Agung ke Palembang dan Palembang ke Kedung di Banyu Asin,” kata Presiden Jokowi di laman Sekretariat Kabinet, Jumat (15/11).

Jokowi juga mengatakan, pembangunan jalan tol ini diharapkan menumbuhkan titik-titik perekonomuan baru dan menciptaka  jaringan logistik yang lebih baik. Selain itu, jalan tol ini diharapkan membuka dan mempermudah produksi komoditas andalan Indonesia yang ada di Sumatera.

 “Artinya di sini kalau ada karet, ada sawit, ada ikan. Ini akan mempercepat memberikan fasilitasi pada produksi produksi sentra-sentra produksi yang ada,” kata dia.

Selanjutnya, kata Presiden, yang paling penting yakni terciptanya penciptaan lapangan pekerjaan di sekitar jalan tol. “Tol sepanjang ini enggak mungkin semuanya dikerjakan oleh mesin. Kerjanya, supervisinya, masih dibutuhkan,” ujarnya. 

Target hingga 2024

Lebih lanjut, Jokowi menargetkan pada 2024 akan tersambung jaringan jalan tol sepanjang 2.700 km yang membentang dari Lampung hingga Aceh. Dia menyebut permbangunan jalan tol bukan hanya mnguatkan konektivitas dan perekonomian tapi juga membangun peradaban.

“Sehingga sekali lagi mobilitas orang, mobilitas barang, mobilitas jasa semuanya akan lebih cepat lagi,” kata  Jokowi. 

Sponsored

Turut mendampingi Presiden dalam acara peresmian jalan tol ini antara lain, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.