sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Kadin: Emiten harus berkontribusi nyata ke perekonomian Indonesia

Dengan mencatatkan diri kepada BEI, diharapkan tata kelola atau capability perusahaan harus ditingkatkan.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Kamis, 10 Jan 2019 11:55 WIB
Kadin: Emiten harus berkontribusi nyata ke perekonomian Indonesia

Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Roeslani berharap perusahaan yang baru mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) bisa berkontribusi nyata dalam mendorong ekonomi Indonesia.

Hal itu disampaikan Rosan dalam sambutannya saat penawaran saham perdana PT Estika Tata Tiara Tbk. dan PT Pollux Investasi Iinternational Tbk di BEI Kamis (8/1)

"Dengan mencatatkan diri kepada BEI, diharapkan tata kelola atau capability perusahaan harus ditingkatkan sehingga ini juga memberikan aset manfaat buat kita semua," ujar Rosan di Jakarta, Kamis (10/1).

Selain itu, Rosan juga menyebut perdagangan saham dua perusahaan dengan kode BEEF dan POLI merupakan perdagangan nyata. 

"Saat perdana didagangkan, kalau kita lihat alhamdulillah mencapai kenaikan yang cukup tinggi disertai frekuensi yang sangat aktif. Jadi kalau kita lihat ini adalah pasar yang real bukan pasar yang dibentuk," jelasnya.

Rosan juga mengapresiasi kinerja BEI pada 2018 yang telah mencatatkan rekor dalam segi pencatatan saham sebanyak 57 emiten dan merupakan rekor tertinggi sejak privatisasi BEI 1992.

"Kita harapkan ini bisa lebih ditingkatkan ke depannya. Karena kalau dilihat dari jumlah investor yang berinvestasi di BEI masih kecil. 

BEI mencatat jumlah akun yang bertransaksi di pasar modal sebanyak 1,6 juta orang sepanjang 2018. Angka tersebut naik 40% dibandingkan tahun sebelumnya. 

Sponsored

"Tetapi itu tidak semua investor ygng berinvestasi di BEI. Itu gabungan yang sudah berinvestasi di reksadana, obligasi, pasar uang dan sebagainya," tutup Rosan.