sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kadin serahkan bantuan alat kesehatan Covid-19 senilai Rp500 miliar

Pengusaha yang tergabung dalam Kadin menyerahkan bantuan ke Kementerian BUMN.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Selasa, 24 Mar 2020 14:05 WIB
Kadin serahkan bantuan alat kesehatan Covid-19 senilai Rp500 miliar
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 396.454
Dirawat 60.694
Meninggal 13.512
Sembuh 322.248

Pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia melakukan penyerahan alat kesehatan kepada pemerintah untuk menangani pandemi Covid-19.

Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani mengatakan dirinya berharap lebih banyak lagi sektor swasta yang turut bergabung dalam donasi yang berlangsung secara bertahap.

“Kami berharap donasi berbagai perusahaan mampu menggalang pendanaan hingga sebesar Rp500 miliar. Akan sangat baik jika mencapai lebih dari itu," kata Rosan dalam konferensi video bersama Kementerian BUMN, dari Jakarta, Selasa (24/3).

Adapun bantuan bertahap tersebut berbentuk peralatan uji cepat (rapid test kit), alat perlindungan diri (APD) personal protective equipment, alat bantu pernapasan (ventilator), serta masker. Bantuan tersebut disalurkan dengan rincian 5.000 rapid test dan 2.000 APD ke Wisma Atlet, 10.000 masker ke Garuda Indonesia, dan 5.000 rapid test ke Rumah Sakit Pertamina.

Sponsored

Adapun perusahaan yang berkomitmen memberikan donasi hari ini adalah Ciputra Group, First Resources Ltd., Mulia dan Wilmar International. Secara berkala, lanjut Rosan, pihaknya akan melaporkan perkembangan donasi kepada Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, pada Senin (23/3), beberapa perusahaan dan lembaga yang bergabung dalam inisiatif Pengusaha Peduli NKRI telah berkomitmen memberikan donasi. Perusahaan tersebut antara lain PT Astra International Tbk., Panin Group, PT Fajar Surya Wisesa Tbk., Wings Corporation, Rajawali Corporation, PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk., Nutrifood Indonesia, beserta FKS Group, PT Pan Brothers Tbk., PT Sritex Tbk., dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.

Sementara pada hari Kamis (19/3), Kadin dan Tzu Chi bersama Sinar Mas, Artha Graha Peduli Foundation, PT Djarum, Agung Sedayu Group, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Puradelta Lestari Tbk, dan Triputra Group telah menginisiasi donasi.

Berita Lainnya