sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kembangkan UMKM, Bank DKI rilis e-Order

Sebesar 3,16% dari Rp26,47 triliun nilai kredit Bank DKI disalurkan kepada UMKM hingga Maret 2020.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Selasa, 30 Jun 2020 19:16 WIB
Kembangkan UMKM, Bank DKI rilis e-Order
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 66226
Dirawat 31798
Meninggal 3309
Sembuh 30785

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengapresiasi langkah Bank DKI mengembangkan platform e-Order untuk membantu sektor usaha mikro, kecil, dan  menengah (UMKM). Alasannya, menghubungkan pelaku usaha dengan pemerintah provinsi (pemprov).

"Kami sangat mengapresiasi usaha yang baik dari Bank DKI untuk turut serta memperbaiki perekonomian Jakarta dengan platform e-Order tersebut. Harapannya dengan keterlibatan berbagai pihak, mudah-mudahan Jakarta bisa segera pulih dari Covid-19 di segala bidang, termasuk perekonomian," ucapnya di Balai Kota Jakarta, Selasa (30/6).

E-Order merupakan lokapasar (marketplace) yang menghubungkan para pelaku UMKM dengan pemprov. Politikus Partai Gerindra ini sesumbar, belanja pemerintah via platform tersebut menjadi peluang UMKM untuk berkembang.

Di sisi lain, dirinya menerangkan, Pemprov Jakarta banyak membuat kebijakan pro UMKM di tengah pandemi coronavirus baru (Covid-19). Pertimbangannya, pelaku UMKM turut terdampak bencana nonalam nasional itu.

Sponsored

Karena terdampak pandemi, sambung Riza, banyak UMKM mengajukan keringanan kredit (restrukturisasi) kepada lembaga keuangan. Bank DKI, salah satunya. Berdasarkan data Bank DKI, ada 50% dari total debitur segemen UMKM perseroan yang mengajukan keringan.

Merespons kebijakan relaksasi yang diterbitkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank DKI memberikan relaksasi. Jika tidak, dikhawatirkan kemampuan bayar debitur pelaku UMKM terganggu dan mengakibatkan kenaikan kredit bermasalah.

Berdasarkan laporan publikasi Bank DKI per Maret 2020, kredit yang disalurkannya sebesar Rp26,47 triliun. Sebanyak 3,16% di antaranya disalurkan kepada debitur segmen UMKM.

Serba bisa BIN di panggung corona 

Serba bisa BIN di panggung corona 

Selasa, 07 Jul 2020 06:01 WIB
Berharap vaksin dengan anggaran mini

Berharap vaksin dengan anggaran mini

Senin, 06 Jul 2020 19:00 WIB
Berita Lainnya