sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kemendag: 260.000 ton gula impor masuk pasar akhir Maret

Impor ini akan menambah stok 160.000 ton gula yang masih tersedia di pasar.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Rabu, 11 Mar 2020 15:43 WIB
Kemendag: 260.000 ton gula impor masuk pasar akhir Maret

Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan gula impor untuk konsumsi sebesar 260.000 ton akan masuk ke Indonesia pada akhir Maret. Impor gula ini untuk mencukupi kebutuhan masyarakat menjelang Ramadan.

Menteri Perdagangan Agustus Suparmanto mengatakan impor gula tersebut juga akan menambah stok 160.000 ton gula yang masih tersedia di pasar.

"Gula ini kemarin dicek stok yang ada 160.000 ton masih tersedia. Untuk akhir bulan ini masuk lagi 260.000 ton. Jadi pada dasarnya stok ini masih cukup," katanya di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (11/3).

Agus menjelaskan pihaknya akan segera melakukan operasi pasar agar 160.000 ton gula konsumsi yang masih mengendap di gudang penyimpanan untuk segera didistribusikan ke pasar.

"Kami minta yang pegang itu untuk dipercepat pengeluarannya. Tidak ada alasan lagi untuk di-hold," ujarnya.

Jika para distributor masih menahan untuk mengeluarkan stok gulanya, kata Agus, harga jualnya di pasaran akan terus meningkat karena stok yang beredar sedikit.

"Makanya kita minta dipercepat pendistribusiannya dari yang kita sudah dibicarakan," ucap Agus.

Menurut Agus, operasi pasar juga dilakukan untuk mengontrol harga jual gula yang beredar agar sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah.

Sponsored

"Kemarin kita sudah ada komitmen 2-3 hari akan keluar (gula) karena stoknya sudah siap bukan tidak ada," jelasnya.

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan, harga eceran tertinggi (HET) yaitu sebesar Rp12.500 per kilogram (kg). Namun, belakangan harga jualnya mencapai Rp17.000 per kilogram di pasaran.

Berita Lainnya