sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kemenkeu: Perbaikan ekonomi di 2021 menghadapi tantangan

Proses vaksinasi yang dijalankan pemerintah menghadirkan optimisme yang mulai masuk ke pasar saham, dengan terjadinya capital inflow.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Selasa, 26 Jan 2021 12:20 WIB
Kemenkeu: Perbaikan ekonomi di 2021 menghadapi tantangan

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyampaikan, perekonomian Indonesia pada kuartal I-2021 masih menghadapi berbagai tantangan. Namun, Kemenkeu tetap memandang optimistis outlook perekonomian Indonesia membaik di 2021.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Kacaribu mengatakan, perbaikan ekonomi Indonesia telah terjadi sejak kuartal III-2020. Menurutnya, pemulihan ekonomi juga semakin membaik pada kuartal IV-2020.

"Dilihat dari ekspor yang membaik, PMI membaik, investasi juga pemulihannya cukup kuat," ujar Febrio, Selasa (26/1).

Dia melanjutkan, hal ini menunjukkan perekonomian bergerak ke arah yang sangat positif. Selain itu, proses vaksinasi yang dijalankan pemerintah menghadirkan optimisme yang mulai masuk ke pasar saham, dengan terjadinya capital inflow.

"Pasar sudah melihat proses vaksinasi ini, memang vaksinasi memberikan sentimen positif. Harapannya juga nanti di kondisi riil, bisa menaikkan aktivitas ekonomi masyarakat, khususnya bagi korporasi agar bisa merekrut tenaga kerja yang di PHK pada 2020," kata dia.

Meskipun begitu, Febrio menilai pemulihan ekonomi ini bukan tanpa risiko. Dia melihat vaksinasi harus berjalan efektif dengan masyarakat yang tetap melaksanakan disiplin protokol kesehatan 3M dan 3T.

Selain itu, kasus Covid-19 harus dikelola dengan baik, sehingga tidak lagi mengakibatkan pembatasan sosial yang dampaknya bisa mengurangi aktivitas ekonomi.

"Kami melihat arahnya 2021 cukup positif dan kita harus dukung. Proses vaksinasi ini harus berjalan dengan baik. Dengan demikian, kita bisa memulihkan ekonomi lebih baik lagi," tutur dia. 

Sponsored
Berita Lainnya