sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Kemenperin: Dua produsen otomotif asing siap investasi Rp50 T

Pemerintah sudah menyiapkan beragam insentif untuk produsen otomotif dunia yang akan berinvestasi di Indonesia.

Laila Ramdhini
Laila Ramdhini Kamis, 18 Jul 2019 18:11 WIB
Kemenperin: Dua produsen otomotif asing siap investasi Rp50 T

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyebut telah ada dua industri otomotif dunia yang siap berinvestasi hingga Rp50 triliun dalam jangka pendek ini.

"Target investasi (otomotif) ke depan dalam jangka pendek Rp50 triliun, sudah ada komitmen dari dua industri otomotif," kata Airlangga dalam sambutan pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di Tangerang, Kamis (18/7).

Ia mengatakan satu industri otomotif sudah berkomitmen untuk menjadikan Indonesia basis produksi, dengan 50% untuk pasar ekspor.

"Juga sudah ada dengan investasi US$2 miliar untuk membangun basis produksi mobil listrik," kata dia.

Ia juga menyebut sudah ada pembicaraan dengan industri berbasis baterai untuk investasi di Indonesia yang memiliki bahan baku untuk industri pendukung kendaraan listrik itu.

Dengan demikian, Airlangga optimistis kelak kedalaman struktur industri mobil listrik di Indonesia lebih kuat untuk mendukung pencapaian target ekspor otomotif satu juta unit mobil pada 2025.

"Saya berharap ada launching roadmap untuk target ekspor satu juta unit mobil pada 2025 yang 20% di antaranya mobil listrik," kata Menperin.

Apalagi, kata dia, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan tax holiday dan super deductable tax yang besarannya bisa mencapai 30%.

Sponsored

"Tentu ini akan menarik untuk industri yang berbasis inovasi," ujar dia.

Satu dari dua industri otomotif yang sebelumnya menyatakan komitmen menambah investasi hingga Rp28 triliun di Indonesia adalah Toyota yang di Indonesia gencar memperkenalkan mobil dengan teknologi hibrid.