sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Kemenperin: IKM mampu serap 10 juta tenaga kerja

Kementerian Perindustrian menyatakan saat ini ada 4,4 juta industri kecil dan menengah (IKM) di Indonesia.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Selasa, 17 Des 2019 14:21 WIB
Kemenperin: IKM mampu serap 10 juta tenaga kerja

Kementerian Perindustrian menyatakan industri kecil dan menengah (IKM) mampu menyerap 10,1 juta tenaga kerja. Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Komunikasi Masrokhan mengatakan saat ini ada 4,4 juta IKM di seluruh Indonesia.

Masrokhan juga mengatakan potensi ekonomi yang dihasilkan dari IKM tersebut sangat besar. Untuk itu, katanya, pemerintah menjembatani pemasarannya dengan menyelenggarakan pameran ‘Gelar Multi Produk Asli Indonesia’ di Plasa Pameran Industri, Gedung Kemenperin.

"IKM nasional sampai saat ini tercatat berjumlah 4,4 juta, potensi ekonominya besar dan telah menyerap 10,1 juta tenaga kerja," katanya saat membuka pameran di Kemenperin, Jakarta, Selasa (17/12).

Masrokhan pun mengajak para pelaku usaha untuk terus berinovasi mengembangkan produk mereka agar dapat diterima pasar dalam negeri. Apalagi, secara demografi penduduk Indonesia sebagian besar merupakan generasi milenial.

Dengan sejumlah inovasi, pemerintah berharap produk yang dihasilkan tidak hanya dapat menjangkau generasi milenial, namun juga memantik semangat wirausaha generasi muda tersebut.

"Saya mengapresiasi generasi milenial yang mulai berwirausaha, terlebih penting adalah yang memiliki rasa nasionalisme terhadap produk-produk nasional,” ujarnya.

Di samping itu, Masrokhan menuturkan IKM perlu mengembangkan teknologi digital agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan daya saing di pasar internasional. 

Sebab, dengan sejumlah inovasi dan pemanfaatan teknologi, industri akan tumbuh lebih cepat dan secara tidak langsung kontribusinya terhadap perekonomian nasional akan lebih besar.

Sponsored

"Dengan begitu, kontribusi sektor industri terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional akan meningkat," ucapnya.

Adapun pameran ini diikuti oleh 51 tenant dengan berbagai produk mulai dari makanan, minuman, kosmetik, fashion, souvenir dan kerajinan lainnya. 

Peserta pameran adalah anggota dari Indonesia Small Medium Enterprises Association (ISMEA). Pameran ini menampilkan produk IKM dengan konsep sehat, halal, dan ramah lingkungan.

Berita Lainnya