sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Kementan andalkan strategi anggaran

Kementerian Pertanian mencabut uang perjalan dinas sebesar Rp 800 miliar dan dialokasikan ke peningkatan produksi tanaman pangan.

Hermansah
Hermansah Sabtu, 10 Feb 2018 19:19 WIB
Kementan andalkan strategi anggaran

Sektor pertanian masih menjadi andalan pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Itulah sebabnya pemerintah memberikan perhatian khusus untuk mengembangkan sektor ini.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan strategi anggaran menjadi hal strategis dalam meningkatkan sektor pertanian.  “Salah satunya dengan mencabut uang perjalan dinas sebesar Rp 800 miliar untuk dialokasikan ke peningkatan produksi tanaman pangan dan membantu petani,” tutur dia seperti dilansir Antara.

Pada 2018 ini, sebanyak 85% dari APBN Kementan, dialokasikan untuk meningkatkan produksi seluruh sektor tanaman pangan dan membantu petani. Jauh lebih baik dibanding 2014, di mana hanya 45% dari anggaran untuk keperluan perjalanan dinas, 'cipika-cipika' atau kegiatan serimonial yang tidak terlalu penting. Sedangkan sisanya baru untuk peningkatan produksi.

Mentan telah menemui presiden untuk mendapatkan kebijakan khusus, yaitu proyek-proyek pengadaan tanpa harus lelang, tetapi melalui penunjukan langsung. Sebab apabila harus lelang, prosedurnya panjang dan petani harus menunggu mendapatkan bantuan, sementara tikus dan banjir tetap datang. 

Sponsored

 

 

Meraup cuan dari kematian

Meraup cuan dari kematian

Jumat, 28 Feb 2020 06:06 WIB
Berita Lainnya